Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

CARA MENGHILANGKAN NOTIF "The publisher has been blocked from running software"

ladangbelajar - Assalaamu'alaikum Wr Wb teman2. Kali ini saya ingin berbagi tips mengatasi trouble pada komputer. Saya mencoba untuk menginstall aplikasi namun muncul peringatan seperti judul di atas. Hingga akhirnya coba untuk searching dan dapat cara untuk mengatasinya.

Notif tersebut muncul karena aplikasi yang akan saya install, waktu itu Malwarebytes, dinyatakan diblokir. Entah kenapa padahal saya gak pernah blok aplikasi apapun.

Ternyata, saya dapat link disini https://malwaretips.com/blogs/remove-the-publisher-has-been-blocked-from-running-software-virus/, komputer saya terkena Trojan. Ya karena sembarangan download, akhirnya Trojan masuk.

Jadi, Trojan itu masuk dan memasang sertifikat ke sistem dan memblok beberapa antivirus atau antimalware. Jadi dia blok pada dua macam aplikasi tersebut.

Alhamdulillah saya bisa mengatasinya dengan melakukan tips dari link tersebut. Berikut adalah langkah-langkah penyelesaiannya:

  1. Tekan Windows + R
  2. Lalu ketikkan certmgr.msc
  3. Kemudian masuk ke dalam menu Untrusted Certificates > Certificates lalu cari aplikasi yang diblokir.
  4. Delete nama aplikasi serupa
  5. Coba install sekali lagi (pastinya berhasil)
  6. Restart














Di dalam kolom sebelah kanan kamu bisa mengamati banyak sertifikat yang diterbitkan oleh Trojan. Misal kamu install aplikasi yang ada di list tersebut, maka kasusnya akan sama. Muncul notif pemblokiran. Jadi kamu tinggal lakukan cara di atas.

PENTING!
Setelah proses selesai, lakukan scan menggunakan antivirus dan antimalware. Saran saya cobalah Malwarebytes (bukan promosi ya) karena memang cukup ampuh untuk mendapatkan malware atau trojan yang bersemayam di komputer kamu.

Kamu tinggal download saja di situs resmi malwarebytes https://www.malwarebytes.com/.

Selamat berjuang!
Share:

0 komentar:

Post a Comment

ARCHIEV

VISITORS

free counters

FRIENDS

Blog Archive