Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

MENGAMBIL VIDEO DI DALAM FILE POWERPOINT

ladangbelajar-Assalaamu'alaikum Wr Wb teman-teman sekalian. Kali ini saya akan menulis tentang IT nih. Khususnya di bidang aplikasi yaitu power point.
Nah yang ingin saya bagikan kali ini adalah bagaimana caranya mengambil file (gambar atau video) yang ada di slide. Sebagian orang menggunakan perintah insert hyperlink untuk memasukkan video ke slide. Sebagian memilih cara instant yaitu drag and drop video ke slide. Cara ke dua mungkin lebih simpel, namun file ppt akan membengkak dan saat video dijalankan maka akan nge-lag. Bisa jadi satu file ppt memiliki ukuran ratusan MB bahkan GB tergantung banyaknya video yang dimasukkan. Kalau ukuran gambar sih tidak terlalu berpengaruh. Karena mayoritas gambar berukuran relativ kecil.

Di tulisan kali ini, saya akan memberikan tips mengatasi video yang nge-lag saat ditayangkan. Jadi kita harus mengabil atau menjalankan video tersebut di luar slide. Yuk disimak caranya berikut ini:

 1. Kita harus membuat file ppt. Coba saja 3 slide lalu masukkan video di setiap slide dengan cara drag and drop.

2. Simpan file tersebut dengan ekstensi .pptx yang merupakan ekstensi asli dari ppt yang kita pakai. Bukan yang ppt 1997-2003.


3. Nah, file sudah jadi dengan ekstensi .pptx









4. Selanjutnya, ubah/rename ekstensi pptx-->.rar lalu Enter.


5. Extract file tersebut.


6. Nah, akan muncul beberapa folder setelah proses ekstraksi. Masuk ke folder "ppt-->media".


7. Jreng2! Video yang ada di slide muncul di folder ini beserta gambar .png nya. 


Mudah bukan. Namun ingat, yang menjadi catatan adalah di bagian ekstension. Jika kita pakai ekstensi .ppt (1997-2003) saat penyimpanan maka yang akan tampil hanya gambar/screenshot dari videonya.
Di OS Linux (Ubuntu) saya sudah coba dengan cara yang sama masih belum bisa. Meski dengan ekstensi ppt, pptx, odp, opt, dll. Mungkin beda aplikasi (Libre dan Powerpoint) bisa menjadi sebab. Serta di windows kita bisa ektract secara langsung, namun di Ubuntu ketika extract .rar tidak bisa dan harus pakai .zip. Sehingga folder media tidak muncul.

Sumber:
dari teman 😂
Share:

0 komentar:

Post a Comment

VISITORS

free counters

FRIENDS