Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

CARA SCREENSHOT ATAU SNIPPING TOOL DI KALI LINUX

Assalaamu'alaikum Wr Wb. Kali ini saya akan berbagi artikel seputar Linux nih. Kemarin install OS Linux yang Kali Linux. Wah ini OS baru pertama kali saya coba. Begitu mau screenshot/sniping tool kayak di windows saya klik tombol Print Screen pada keyboard tidak muncul notif apapun kayak di Ubuntu.

Akhirnya saya cari-cari di berbagai artikel dan ketemu juga. Seperti ini nih caranya:
1. Buka halaman/tampilan yang ingin teman-teman ambil.
2. Tekan "Shift + Print Screen" pada keybboard. Maka kursor akan berubah menjadi tanda "+".
3. Selanjutnya silahkan seleksi sendiri bagian mana yang ingin teman-teman ambil.
4. Nah, hasil snipping tadi tidak muncul di layar seperti di Windows. Namun langsung otomatis tersimpan di sistem.
5. Lalu disimpan dimana? Buka saja "Pictures".

Pengaturan di atas adalah setting default dari Kali Linux. Sebenarnya hampir sama dengan distro Linux lainnya.

Selamat mencoba :-)

Sumber:
Share:

WAKTU PEMBAYARAN FIDYAH

Gambar terkait
๐ŸŒด๐Ÿ•Œ๐Ÿ“š๐Ÿ•Œ๐Ÿ“š๐Ÿ•Œ๐ŸŒด
Kajian Fiqih Puasa
    Bersama
       Ust Junaidi Sahal 
================
Kajian 09-"Waktu Pembayaran Fidyah"
================
๐ŸŒน➰➰➰➰➰➰๐ŸŒน
(www.dar-alkayyis.com)
Fanpage UJ:
https://m.facebook.com/UstadzJunaidiSahal
❤➰➰➰➰➰❤

๐Ÿ TANYA ๐Ÿ

Assalamualaikum Ust. Jun,...  mohon pencerahannya... untuk masalah tidak berpuasa karena hamil atau menyusui... perlu qadha dan bayar fidyah atau bayar fidyah saja. Dan cara bayar fidyahnya apa bs lgs diserahkan sebulan atau harus per hari. kl diuangkan perhitungannya spt apa ya? mohon maaf apabila pertanyaan ini sdh pernah dibahas. tks

๐Ÿ“š JAWAB

Wa alaikum Salam warohmatullohi wabarokatuh..

 ุจِุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ

1. Banyak sekali pertanyaan yg masuk ke saya terkait tidak puasanya ibu hamil dan menyusui..
Sungguh hal itu sdh sy jelaskan berkali kali, bahwa hal tsb adalah ikhtilaf(berbeda pendapat di kalangan ulama), sebab ikhtilaf dikarenan hal diatas tidak disebut secara spesifik di dalam Al Quran dan Hadis.. Yang disebut dalam Al Quran dan Hadis hanyalah Orang Sakit, Musafir dan Orang yg tdk mampu puasa (diantaranya seperti org yg sdh sepuh)..
Adapun wanita hamil dan menyusui tdk disebutnya, nah disinilah muncul perbedaannya..
▪ Apakah keduanya(ibu hamil dan menyusui) masuk kategori orang Sakit, yg harus Qodlo'.
▪Ataukah masuk kategori orang tua dan sakit yg menahun yg bileh tdk puasa dan wajib bayar fidyah saja,
▪Atau dibedakan antara hukum ibu hamil dan menyusui, terkait kekhawatiran terhadap janin dan dirinya...

Disinilah Para Ulama Fiqh berbeda Ijtihad,
Sebagian besar Ulama Fiqh mmg berpendapat bg keduanya sama dg org yg sakit, yg boleh tidak berpuasa dan wajib Qodlo'...dalam hal inipun mrk berbeda apakah Qodlo' aja atau tanbah Fidyah?

Madzhab Syafi'i & Hambali berpendapat tetap diwajibkannya qodlo'&fidyah berdasarkan S.Al Baqoroh 184-185...
Apabali ada udzur syar'i, wanita hamil atau menyusui, apabila ia tidak berpuasa sebab mengkhawatirkan kondisi bayinya, yang wajib ia lakukan adalah qadha sekaligus fidyah. Akan tetapi bila ia mengkhawatirkan dirinya saja, atau mengkhawatirkan dirinya dan juga bayinya, maka yang harus ia lakukan adalah membayar qadha’ tanpa fidyah...

Tapi kalau Madzhab Hanafi cuku qodlo' saja....

Adapun pendapt dari kalangan Sahabat Nabi seperti Ibn Umar, & Ibn Abbas, serta dari kalangan Tabi'in seperti Ibn Jubair, Al Qosim bin Muhammad, Qotadah dan Ibrahim..

Telah meriwayatkan Abdur Rozzak dlm kitabnya;
ุงู† ุงุจู† ุนู…ุฑ ุณุกู„ ุนู† ุงู…ุฑุงุฉ ุงุชู‰ ุนู„ูŠู‡ุง ุฑู…ุถุงู† ูˆ ู‡ูŠ ุญุงู…ู„.. ู‚ุงู„؛ ุชูุทุฑ ูˆ ุชุทุนู… ูƒู„ ูŠูˆู… ู…ุณูƒูŠู†ุง
"Ibn Umar pernah ditanya ttg perempuan hamil terkait puasa romadlon, Beliau menjawab; 'Dia boleh berbuka dan mberika makan setiap harinya kpd org miskin(Fidyah)'"

Diriwayatkan dari Ibn Abbas; Bahwa Ia memerintahkan Anak perempuannya yg lg Hamil, utk tdk puasa di bulan Romadlon, seraya Beliau berkata;
ุงู†ุช ุจู…ู†ุฒู„ุฉ ุงู„ูƒุจูŠุฑ ู„ุง ูŠุทูŠู‚ ุงู„ุตูŠุงู… ،ูุงูุทุฑูŠ ูˆ ุงุทุนู…ูŠ ุนู† ูƒู„ ูŠูˆู… ู†ุตู ุตุงุน ู…ู† ุญู†ุทุฉ
"Kamu berposisi sebagai org yg sepuh yg tdk mampu berpuasa, maka berbukalah dan berilah makan setiap hari(kpd org miskin) setengah Sho' gandum"

Ibn Jubair berkata;
ุชูุทุฑ ุงู„ุญุงู…ู„ ุงู„ุชูŠ ููŠ ุดู‡ุฑู‡ุง ูˆ ุงู„ู…ุฑุถุน ุงู„ุชูŠ ุชุฎุงู ุนู„ูŠ ูˆู„ุฏู‡ุง، ุชูุทุฑุงู† ูˆ ุชุทุนู… ูƒู„ ูˆุงุญุฏุฉ ู…ู†ู‡ู…ุง ูƒู„ ูŠูˆู… ู…ุณูƒูŠู†ุง ูˆ ู„ุง ู‚ุถุงุก ุนู„ูŠู‡ู…ุง
"Wanita hamil boleh tidak puasa, Wanita menyusui yg khawatir terhadap anaknya, mk keduanya bileh tdk berpuasa, dan membayar fidyah, serta tdk perlu Qodlo'..

Bahkan Ibn Katsir pun mengungkap perbedaan terkait wanita hamil dan Menyusui kpd 3 hal;
1⃣  Boleh tidak berpuasa, dan bg keduanya Qodlo dan fidyah
2⃣  Boleh tdk berpuasa , bg keduanya hanya fidyah saja.
3⃣  Boleh tidak berpuasa dan bg keduanya hanya Qodlo saja.
4⃣  Boleh tdk puasa, dan bagi keduanya tdk ada qodlo dan Fidyah ( Lihat Ibn Katsir jilid 1/215)
Dan lebih jelasnya silahkan baca Fiqh Ash Shiyam nya DR Yusuf Qordlowy...

So... Sungguh perbedaan itu rahmat, janganlah sebuah ijtihad dibatalkan dg ijtihad lainnya.. Krn itu justru menumbuhkan fanatisme yg berlebihan shg saling menyesatkan.

⭕Pemberian Fidyah diberikan kepada 1 org miskin utk 1 hari dikalikan sebanyak hari puasa yg ditinggalkan...sbgmn Hadits a.l:

ุนَู†ِ ุงِุจْู†ِ ุนَุจَّุงุณٍ  ู‚َุงู„َ: ุฑُุฎِّุตَ ู„ِู„ุดَّูŠْุฎِ ุงَู„ْูƒَุจِูŠุฑِ ุฃَู†ْ ูŠُูْุทِุฑَ ูˆَูŠُุทْุนِู…َ ุนَู†ْ ูƒُู„ِّ ูŠَูˆْู…ٍ ู…ِุณْูƒِูŠู†ًุง ูˆَู„َุง ู‚َุถَุงุกَ ุนَู„َูŠْู‡ِ. ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุฏุงุฑู‚ุทู†ูŠ ูˆ ุงู„ุญุงูƒู….

Dari Ibnu Abbas radhiyallahuanhu berkata, ”Telah diberikan keringanan buat orang tua renta untuk berbuka puasa, namun dia wajib memberi makan untuk tiap hari yang ditinggalkannya satu orang miskin, tanpa harus membayar qadha’.
(HR. Ad-Daruquthny dan Al-Hakim)

๐Ÿ”นPara Ulama' ikhtilaf mengenai besaran Fidyah a.l :

1⃣  Satu Mud
Imam An-Nawawi berpendapat dalam Kitab Al-Majmu’... 1 mud sekitar 675 gram.

2⃣  Satu Sha’
Madzhab Hanafiyah berpendapat 1 sho' atau setara dengan empat mud, sama dengan jumlah zakat fitrah lebih kurang 2, 176 gram atau 2,7 liter.

Atau kalau berupa uang sekitar 15 - 20 rb/fidyah..

Dan bisa dibayar sekaligus sebanyak hari tidak puasanya.

Wallohu Alam
☘☘☘☘☘☘☘☘☘
YA ALLOH......
JADIKAN KAMI AL KAYYIS
๐Ÿ๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ
Menebar Dakwah Meraih Berkah

Bank Mandiri :
142-00-1656066-5
a.n. Seger Suprapto
QQ.  MT Dar Al Kayyis

BSM no.rek: 7086895662
a.n.Ainurrofiq .QQ. Dar alKayyis
Share:

LAFADZ ROMADHONA ATAU ROMADHONI?

Hasil gambar untuk NIAT PUASA RAMADHAN
๐ŸŒด๐Ÿ•Œ๐Ÿ“š๐Ÿ•Œ๐Ÿ“š๐Ÿ•Œ๐ŸŒด
Kajian Fiqih Puasa
Bersama Ust Junaidi Sahal
================
Kajian 11-"Lafadz Romadhona atau Romadhoni"
================
๐ŸŒน➰➰➰➰➰➰๐ŸŒน
(www.dar-alkayyis.com)
Fanpage UJ:
https://m.facebook.com/UstadzJunaidiSahal
❤➰➰➰➰➰❤


๐Ÿ TANYA ๐Ÿ

Assalamualaikum
Ustadz @⁨Ust Junaidi Sahal⁩, dalam lafadz niat puasa Ramadhan, yg tepat gimana?
fardhi syahri ROMADHONa atau ROMADHONi
Atau betul semua?
Mohon penjelasannya


๐Ÿ“š JAWAB

Wa alaikum Salam warohmatullohi wabarokatuh..

ุจِุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ

Betul semua,
1⃣ Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhis syahri romadlona hadzihi sanati ...dst..
kalimat “Romadlona” ,na di baca fathah karena kalimat ‘romadlon’ tidak mudlof dg kalimat ‘hadzihi sanah’, krn tidak mudlof (gandeng) maka dibaca fathah krn ia kalimah ghoiru munshorif..

Dalam alfiyah disebutkan;
ูˆ ุฌุฑ ุจุงู„ูุชุญุฉ ู…ุงู„ุง ูŠู†ุตุฑู ู…ุงู„ู… ูŠุถู ุงูˆ ูŠูƒ ุจุนุฏ ุงู„ ุฑุฏู
Artinya: setiap isim yang tidak munsharif dijerkan dengan harakat fatihah, selama tidak mudlof (diidlofahkan) atau tidak jatuh sesudah al.

2⃣ Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhis syahri romadloni hadzihis sanati ...dst.. di baca ‘ni’ karen kalimat itu mudhof dg hadzihis sanati , krna mudlof, meski ghiru munsharif tetat di baca kasroh..

So.. bingung kan.. sudahlah yang penting niat di hati mau puasa besok, itu sdh cukup..

Wallohu Alam
☘☘☘☘☘☘☘☘☘
YA ALLOH......
JADIKAN KAMI AL KAYYIS
๐Ÿ๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ
Menebar Dakwah Meraih Berkah

Bank Mandiri :
142-00-1656066-5
a.n. Seger Suprapto
QQ. MT Dar Al Kayyis

BSM no.rek: 7086895662
a.n.Ainurrofiq .QQ. Dar alKayyis
Share:

MEMBERI KESAKSIAN KEBAIKAN JENASAH SEMASA HIDUPNYA

Gambar terkait
๐ŸŒด๐ŸŒน๐Ÿ“š๐ŸŒน๐Ÿ“š๐ŸŒน๐ŸŒด
Tanya Jawab
Bersama
Ust Junaidi Sahal
================
Memberi Kesaksian Kebaikan Jenasah Semasa Hidupnya
================
๐ŸŒน➰➰➰➰➰➰๐ŸŒน
(www.dar-alkayyis.com)
Fanpage UJ:
https://m.facebook.com/UstadzJunaidiSahal
❤➰➰➰➰➰❤


๐Ÿ TANYA ๐Ÿ

Assalamu'alaikum
Ustadz,
Saya mau tanya...di kampung saya jk ada orang yg meninggal trus mau di makamkan...dan yg memberi ceramah itu memberikan kesaksian...misal yg meninggal itu namanya si A...trus penceramah itu. Bertanya Si A dalam hidupnya baik apa baik...??? Trus orang2 di sekitar menjawab baik...padahal orang meninggal tersebut di masa hidupnya perbuatannya bisa di katakan tidak baik...???

Nah yg saya tanyakan itu apa kita berdosa klo kita ikut jawab baik padahal orang tsb pada masa hidupnya tidak perlakuannya tidak baik...berarti kesaksian kita kan palsu karna menjawab baik..
Makasih ustdz...๐Ÿ™๐Ÿ™


๐Ÿ“š JAWAB

Wa alaikum Salam warohmatullohi wabarokatuh..

ุจِุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ

Tradisi pidato seseorang terkait jenazah yang sudah dikuburkan yang biasa terjadi dimasyrakat, dimna yg berpidato itu menanyakan persaksian kebaikan si mayyit kepada yang hadir di kuburan. Tradisi tersebut berdasarkan hadis;

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, beliau menceritakan;

Suatu ketika para sahabat melihat seorang jenazah yang diangkat menuju pemakamannya. Merekapun memuji jenazah ini. Kemudian Nabi ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… bersabda,

ูˆَุฌَุจَุชْ، ูˆَุฌَุจَุชْ، ูˆَุฌَุจَุชْ
”Wajib.., wajib.., wajib.”

Tidak berselang lama, lewat jenazah lain. Kemudian para sahabat langsung mencelanya.

Seketika, Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… bersabda,

ูˆَุฌَุจَุชْ، ูˆَุฌَุจَุชْ، ูˆَุฌَุจَุชْ
”Wajib.., wajib.., wajib.”

Umarpun keheranan dan bertanya,
”Apanya yang wajib?”

Jawab Nabi ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู…,

ู‡َุฐَุง ุฃَุซْู†َูŠْุชُู…ْ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุฎَูŠْุฑًุง، ูَูˆَุฌَุจَุชْ ู„َู‡ُ ุงู„ุฌَู†َّุฉُ، ูˆَู‡َุฐَุง ุฃَุซْู†َูŠْุชُู…ْ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุดَุฑًّุง، ูَูˆَุฌَุจَุชْ ู„َู‡ُ ุงู„ู†َّุงุฑُ، ุฃَู†ْุชُู…ْ ุดُู‡َุฏَุงุกُ ุงู„ู„َّู‡ِ ูِูŠ ุงู„ุฃَุฑْุถِ

”Jenazah pertama kalian puji dengan kebaikan, maka dia berhak mendapat surga. Jenazah kedua kalian cela, maka dia berhak mandapat neraka. Kalian adalah saksi Allah di muka bumi.”
(HR. Bukhari 1367 & Muslim 949).

So... ternyata persaksian itu berpengaruh kepada si mayyit. Krn itu persaksiannya harus dari hati yang jujur, tidak blh bohong. Krn kalau berbohong , tidak akan berefek kepada si mayyit. Dan yang berbohong dosa.
Ahsan kalau mmg mayyitnya tidak baik, ketika ditanya persaksiannya lebih baik diam aja..

Wallohu 'alam
☘☘☘☘☘☘☘☘☘
YA ALLOH......
JADIKAN KAMI AL KAYYIS
๐Ÿ๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ
Menebar Dakwah Meraih Berkah

Bank Mandiri :
142-00-1656066-5
a.n. Seger Suprapto
QQ. MT Dar Al Kayyis

BSM no.rek: 7086895662
a.n.Ainurrofiq .QQ. Dar alKayyis
Share:

QUNUT DI 10 HARI TERAKHIR ROMADLON

Hasil gambar untuk berdoa 
๐ŸŒด๐Ÿ•Œ๐Ÿ“š๐Ÿ•Œ๐Ÿ“š๐Ÿ•Œ๐ŸŒด
Kajian Fiqih Puasa
Bersama
Ust Junaidi Sahal
================
Kajian 10-"Qunut di 10 Hari Terakhir Romadlon"
================
๐ŸŒน➰➰➰➰➰➰๐ŸŒน
(www.dar-alkayyis.com)
Fanpage UJ:
https://m.facebook.com/UstadzJunaidiSahal
❤➰➰➰➰➰❤


๐Ÿ TANYA ๐Ÿ

Assalamualaikum Ust. Jun, ttg qunut di 10 terakhir romadhon adakah tuntunannya? dan bgm bacaan qunut tsb? jazakumulloh


๐Ÿ“š JAWAB

Wa alaikum Salam warohmatullohi wabarokatuh..

ุจِุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ

Itu dalilnya banyak, dan itu mmg pendapat mayoritas Ulamaa, terutama dari kalangan Madzhab Syafiiyah..

Diantaranya adalah;

1⃣ ุนَู†ْ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ู‡ُูˆَ ุงุจْู†ُ ุณِูŠุฑِูŠู†َ، ุนَู†ْ ุจَุนْุถِ ุฃَุตْุญَุงุจِู‡ِ " ุฃَู†َّ ุฃُุจَูŠَّ ุจْู†َ ูƒَุนْุจٍ ุฃَู…َّู‡ُู…ْ، ูŠَุนْู†ِูŠ ูِูŠ ุฑَู…َุถَุงู†َ، ูˆَูƒَุงู†َ ูŠَู‚ْู†ُุชُ ูِูŠ ุงู„ู†ِّุตْูِ ุงู„ْุฃَุฎِูŠุฑِ ู…ِู†ْ ุฑَู…َุถَุงู†َ
“Dari Muhammad bin Sirin, dari sebagian sahabatnya, bahwa Ubay bin Ka’ab mengimami mereka, yakni pada bulan Ramadhan, ia berqunut pada pertengahan terakhir bulan Ramadhan”

2⃣ ุนู† ู†ุงูุน، «ุฃู† ุงุจู† ุนู…ุฑ ูƒุงู† ู„ุง ูŠู‚ู†ุช ููŠ ุงู„ูˆุชุฑ ุฅู„ุง ููŠ ุงู„ู†ุตู ู…ู† ุฑู…ุถุงู†

“Dari Nafi’ : Bahwa Ibnu ‘Umat tidak berqunut didalam shalat witir, kecuali pada pertengahan dari bulan Ramadhan (pertengahan akhir)”


Imam al-Nawawi dalam al-Adzkar menjelaskan:

3⃣ ูˆูŠุณุชุญุจ ุงู„ู‚ู†ูˆุช ุนู†ุฏู†ุง ููŠ ุงู„ู†ุตู ุงู„ุฃุฎูŠุฑ ู…ู† ุดู‡ุฑ ุฑู…ุถุงู† ููŠ ุงู„ุฑูƒุนุฉ ุงู„ุฃุฎูŠุฑุฉ ู…ู† ุงู„ูˆุชุฑ، ูˆู„ู†ุง ูˆุฌู‡: ุฃู† ูŠู‚ู†ุช ููŠู‡ุง ููŠ ุฌู…ูŠุน ุดู‡ุฑ ุฑู…ุถุงู†، ูˆูˆุฌู‡ ุซุงู„ุซ: ููŠ ุฌู…ูŠุน ุงู„ุณู†ุฉ، ูˆู‡ูˆ ู…ุฐู‡ุจُ ุฃุจูŠ ุญู†ูŠูุฉ، ูˆุงู„ู…ุนุฑูˆู ู…ู† ู…ุฐู‡ุจู†ุง ู‡ูˆ ุงู„ุฃูˆّู„

“Menurut kami, disunnahkan qunut di akhir witir pada separuh akhir Ramadhan. Ada juga dari kalangan kami (Syafi’iyyah) yang berpendapat, disunnah qunut di sepanjang Ramadhan. Kemudian ada pula yang berpendapat bahwa disunnahkan qunut di seluruh shalat sunnah. Ini menurut Madzhab Abu Hanifah. Namun yang baik menurut madzhab kami adalah model yang pertama, yaitu qunut pada separuh akhir Ramadhan.”

Adapun caranya sama seperti qunut subuh, dan sialhkan ditambahi doa doa yang lainnya seperti yang dilakukan imam2 masjidil haram dengan doa yang panjang.


Wallohu Alam
☘☘☘☘☘☘☘☘☘
YA ALLOH......
JADIKAN KAMI AL KAYYIS
๐Ÿ๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ
Menebar Dakwah Meraih Berkah

Bank Mandiri :
142-00-1656066-5
a.n. Seger Suprapto
QQ. MT Dar Al Kayyis

BSM no.rek: 7086895662
a.n.Ainurrofiq .QQ. Dar alKayyis
Share:

BERBUKA PUASA SEBELUM WAKTUNYA

Hasil gambar untuk berbuka 
 
๐ŸŒด๐Ÿ•Œ๐Ÿ“š๐Ÿ•Œ๐Ÿ“š๐Ÿ•Œ๐ŸŒด

Kajian Fiqih Puasa
Bersama
Ust Junaidi Sahal
================
Kajian 08- "Berbuka Puasa Sebelum Waktunya"
================
๐ŸŒน➰➰➰➰➰➰๐ŸŒน
(www.dar-alkayyis.com)
Fanpage UJ:
https://m.facebook.com/UstadzJunaidiSahal
❤➰➰➰➰➰❤


๐Ÿ TANYA ๐Ÿ

Assalamu'alaikum
Ustadz, Saya waktu itu berbuka puasa, ternyata adzan yang sy dengar keliru, lebih cepat dua menit.. gmn puasa sy? Batalkah?


๐Ÿ“š JAWAB

Wa alaikum Salam warohmatullohi wabarokatuh..

ุจِุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ

Kalau kita berbuka ternyata waktu berbukanya belum terjadi (salah duga), maka dalam hal ini ada dua pendapat.;

1⃣ Pendapat mayoritas Ulama, Syafiiyah, Malikiyyah dan Hanafiyyah menyatakan puasanya batal, namun wajib tetap menahan diri untuk tidak makan-minum lagi sampe waktu berbuka tiba. Dan tetap wajib Qodlo puasa yang batal itu.
Berdasarkan Firman Allah yang telah membaerikan batasan waktu berbuka;

ูˆَูƒُู„ُูˆุง ูˆَุงุดْุฑَุจُูˆุง ุญَุชَّู‰ ูŠَุชَุจَูŠَّู†َ ู„َูƒُู…ُ ุงู„ْุฎَูŠْุทُ ุงู„ْุฃَุจْูŠَุถُ ู…ِู†َ ุงู„ْุฎَูŠْุทِ ุงู„ْุฃَุณْูˆَุฏِ ู…ِู†َ ุงู„ْูَุฌْุฑِ ุซُู…َّ ุฃَุชِู…ُّูˆุง ุงู„ุตِّูŠَุงู…َ ุฅِู„َู‰ ุงู„ู„َّูŠْู„ِ

“Makan dan minumlah kalian sampai betul-betul jelas bagi kalian benang putih di atas benang hitam, yaitu terbitnya fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai malam.” (QS. Al-Baqarah: 187)

2⃣ Pendapat minoritas, yaitu pendapat dari Imam Ahmad. Bahwa puasanya tetap sah, ditahan makannya sampe waktu berbuka yg sebenarnya tiba, dan perlu qodlo.
Karena itu dianggap ketidak tahuan atau alpa.

ุฅِู†َّ ุงู„ู„ู‡َ ุชَุฌَุงูˆَุฒَ ู„ِูŠْ ุนَู†ْ ุฃُู…َّุชِูŠ : ุงู„ْุฎَุทَุฃُ ูˆَุงู„ู†ِّุณْูŠَุงู†ُ ูˆَู…َุง ุงุณْุชُูƒْุฑِู‡ُูˆุง ุนَู„َูŠْู‡ِ

“Sesungguhnya Allah telah mema’afkan kesalahan-kesalahan umat-Ku yang tidak disengaja, karena lupa dan yang dipaksa melakukannya.”
(HR. Ibnu Majah)

Dan di zaman Nabi ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… juga pernah terjadi.

dari Asma binti Abu Bakr radhiallahu ‘anhuma, beliau menceritakan:

ุฃَูْุทَุฑْู†َุง ุนَู„َู‰ ุนَู‡ْุฏِ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูŠَูˆْู…َ ุบَูŠْู…ٍ، ุซُู…َّ ุทَู„َุนَุชِ ุงู„ุดَّู…ْุณُ

“Kami pernah berbuka puasa di zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada saat mendung, kemudian tiba-tiba matahari muncul (mendung hilang).”
(HR. Bukhari 1959).

So... hati hatinya ikut pendapat jumhur atau mayoritas ulama. Untuk itu harus teliti dan bersabar dalam berbuka puasa, nggak usah terburu buru, ahsan berbukalah ketika muaddzin mengucapkan kalimat ‘Hayya alas sholah’....

Wallohu Alam
☘☘☘☘☘☘☘☘☘
YA ALLOH......
JADIKAN KAMI AL KAYYIS
๐Ÿ๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ
Menebar Dakwah Meraih Berkah

Bank Mandiri :
142-00-1656066-5
a.n. Seger Suprapto
QQ. MT Dar Al Kayyis

BSM no.rek: 7086895662
a.n.Ainurrofiq .QQ. Dar alKayyis
Share:

MENGELUARKAN SEMUT DARI TELINGA SAAT PUASA

Hasil gambar untuk KOREK telinga
๐ŸŒด๐ŸŒน๐Ÿ“š๐ŸŒน๐Ÿ“š๐ŸŒน๐ŸŒด
Tanya Jawab
Bersama Ust Junaidi Sahal
================
Mengeluarkan semut dari Telinga Saat Puasa
================
๐ŸŒน➰➰➰➰➰➰๐ŸŒน
(www.dar-alkayyis.com)
Fanpage UJ:
https://m.facebook.com/UstadzJunaidiSahal
❤➰➰➰➰➰❤


๐Ÿ TANYA ๐Ÿ

Assalamu'alaikum
Ustadz, kalo telinga kemasukan semut. apakah dikorek membatalkan puasa?


๐Ÿ“š JAWAB

Wa alaikum Salam warohmatullohi wabarokatuh..

ุจِุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ

Apabila ada sesuatu yang masuk ke ketelinga;

1⃣ Selama itu bukan makanan / minuman yang masuk kesaluran tenggorokan .

2⃣ Obat2 tetes telinga, jika obatnya tidak terasa di tenggorokan .

Maka sebagian pendapat ulama tidak membatalkan puasa.

Hati2 nya kalau mengobati pake tetes mata/ telinga usahakan di malam hari, sebagai jalan ke hati hatian.

Adapun kalau korek telinga karena ada yg masuk, maka itu boleh aja nggak ada perbedaan.

Wallohu 'alam
☘☘☘☘☘☘☘☘☘
YA ALLOH......
JADIKAN KAMI AL KAYYIS
๐Ÿ๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ
Menebar Dakwah Meraih Berkah

Bank Mandiri :
142-00-1656066-5
a.n. Seger Suprapto
QQ. MT Dar Al Kayyis

BSM no.rek: 7086895662
a.n.Ainurrofiq .QQ. Dar alKayyis
Share:

RINGKASAN TAKLIM KITAB TARIKHUL HAWADITS

Hasil gambar untuk KITAB TARIKHUL HAWADITS
Ringkasan Taklim Kitab Tarikhul Hawadits karya Abuya Sayyid Maliki

Taklim Kitab Tarikhul Hawadits kali ini membahas ttg nasab Rasululloh Saw.
Beliau Muhammad bin Abdullah bin Abdul Mutholib bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Qusay bin Kilab bin Muroh bin Ka'ab bin Luay bin Ghalib bin Fihir bin Malik bin Nadzir bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhor bin Nizar bin Ma'ad bin Adnan ke Nabi Ismail
Ini nasab yg masyhur diriwayatkan para ulama.

Rosululloh mewarisi pula keistimewaan sifat sifat para pendahulu Beliau SAW.

1.Kakek Rasulullah Saw, Abd.Mutholib nama aslinya Syaibatul Hamdi, terkenal ijabah doanya, kedermawanannya yg suka memberi makan kepada sesama manusia, burung burung maupun hewan hingga hingga hewan di gunung2 (buas)

2. Hasyim (pengaduk bubur yg enak), dikarenakan beliau suka mengaduk makanan, dan dibagikan kpd sesama, nama aslinya 'Amar. Rumah beliau terbuka 24 jam bagi yg membutuhkan tempat menginap dan makanan. Para pendeta yg bertemu dgnnya pasti mencium tangannya karena melihat nur Muhammad pada dirinya. Bahkan saat beliau berjalan melewati hewan, maka para hewan akan membungkuk (seakan hormat) kepadanya. Beliau wafat di usia 20 th atau 25 th

3. Abdu Manaf berarti hamba kemuliaan,karena begitu baiknya kpd sesama, nama aslinya Mughirah (penyerang tempur). Beliau mempunyai senjata Liwa (panah), bbrp ulama menyatakan panah tsb adalah warisan dr nabi Ismail.

Masih banyak lagi keistimewaan dr nama nama kakek Rosululloh yg tsb di atas, bahkan ada kakek Rasulullah yg dari sulbinya terdengar suara talbiyah....

(Tambahan keterangan dr kitab Muntaha Sula tulisan Syaikh Abdullah Lahjii)
Share:

BERHUBUNGAN SUAMI ISTRI DI SIANG HARI BULAN ROMADHON

Hasil gambar untuk KAMAR
๐ŸŒด๐Ÿ•Œ๐Ÿ“š๐Ÿ•Œ๐Ÿ“š๐Ÿ•Œ๐ŸŒด
Kajian Fiqih Puasa
    Bersama
       Ust Junaidi Sahal 
================
Kajian 13-"Berhubungan Suami Istri di Siang Hari Bln Romadlon "
================
๐ŸŒน➰➰➰➰➰➰๐ŸŒน
(www.dar-alkayyis.com)
Fanpage UJ:
https://m.facebook.com/UstadzJunaidiSahal
❤➰➰➰➰➰❤

 

 ๐Ÿ TANYA ๐Ÿ

Assalamualaikum
Ustadz Junaidi Sahal⁩,
Orang yg batal puasanya karena berhubungan suami istri, apa kewajiban yang harus dia lakukan untuk mengganti puasanya?
Teknis / cara pelaksanaannya bagaimana Ustadz?
Kalau sudah sempat semoga berkenan untuk menjawabnya.
Maturnuwun.

๐Ÿ“š JAWAB

Wa alaikum Salam warohmatullohi wabarokatuh..

 ุจِุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ

Memang benar suami yg "berhubungan" di siang hari di bln ramadhan, kena kafarat sebagaimana hadis;

ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠْ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ู‚َุงู„َ ุจَูŠْู†َู…َุง ู†َุญْู†ُ ุฌُู„ُูˆุณٌ ุนِู†ْุฏَ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุฅِุฐْ ุฌَุงุกَู‡ُ ุฑَุฌُู„ٌ ูَู‚َุงู„َ ูŠَุง ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ู‡َู„َูƒْุชُ ู‚َุงู„َ ู…َุง ู„َูƒَ ู‚َุงู„َ ูˆَู‚َุนْุชُ ุนَู„َู‰ ุงู…ْุฑَุฃَุชِูŠ ูˆَุฃَู†َุง ุตَุงุฆِู…ٌ ูˆَ ูِูŠْ ุฑِูˆَุงูŠَุฉٍ ุฃَุตَุจْุชُ ุฃَู‡ْู„ِูŠْ ูِูŠْ ุฑَู…َุถَุงู†َ ูَู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ู‡َู„ْ ุชَุฌِุฏُ ุฑَู‚َุจَุฉً ุชُุนْุชِู‚ُู‡َุง ู‚َุงู„َ ู„َุง ู‚َุงู„َ ูَู‡َู„ْ ุชَุณْุชَุทِูŠุนُ ุฃَู†ْ ุชَุตُูˆู…َ ุดَู‡ْุฑَูŠْู†ِ ู…ُุชَุชَุงุจِุนَูŠْู†ِ ู‚َุงู„َ ู„َุง ูَู‚َุงู„َ ูَู‡َู„ْ ุชَุฌِุฏُ ุฅِุทْุนَุงู…َ ุณِุชِّูŠู†َ ู…ِุณْูƒِูŠู†ًุง ู‚َุงู„َ ู„َุง ู‚َุงู„َ ูَู…َูƒَุซَ ุงู„ู†َّุจِูŠُّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูَุจَูŠْู†َุง ู†َุญْู†ُ ุนَู„َู‰ ุฐَู„ِูƒَ ุฃُุชِูŠَ ุงู„ู†َّุจِูŠُّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุจِุนَุฑَู‚ٍ ูِูŠู‡َุง ุชَู…ْุฑٌ- ูˆَุงู„ْุนَุฑَู‚ُ ุงู„ْู…ِูƒْุชَู„ُ- ู‚َุงู„َ ุฃَูŠْู†َ ุงู„ุณَّุงุฆِู„ُ ูَู‚َุงู„َ ุฃَู†َุง ู‚َุงู„َ ุฎُุฐْู‡َุง ูَุชَุตَุฏَّู‚ْ ุจِู‡ِ ูَู‚َุงู„َ ุงู„ุฑَّุฌُู„ُ ุนَู„َู‰ ุฃَูْู‚َุฑَ ู…ِู†ِّูŠ ูŠَุง ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ูَูˆَุงู„ู„َّู‡ِ ู…َุง ุจَูŠْู†َ ู„َุงุจَุชَูŠْู‡َุง -ูŠُุฑِูŠุฏُ ุงู„ْุญَุฑَّุชَูŠْู†ِ -ุฃَู‡ْู„ُ ุจَูŠْุชٍ ุฃَูْู‚َุฑُ ู…ِู†ْ ุฃَู‡ْู„ِ ุจَูŠْุชِูŠ ูَุถَุญِูƒَ ุงู„ู†َّุจِูŠُّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุญَุชَّู‰ ุจَุฏَุชْ ุฃَู†ْูŠَุงุจُู‡ُ ุซُู…َّ ู‚َุงู„َ ุฃَุทْุนِู…ْู‡ُ ุฃَู‡ْู„َูƒَ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, beliau berkata, ketika kami duduk-duduk bersama Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, tiba-tiba datanglah seseorang sambil berkata: “Wahai, Rasulullah, celaka !” Beliau menjawab,”Ada apa denganmu?” Dia berkata,”Aku berhubungan dengan istriku, padahal aku sedang berpuasa.” (Dalam riwayat lain berbunyi : aku berhubungan dengan istriku di bulan Ramadhan). Maka Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata,”Apakah kamu mempunyai budak untuk dimerdekakan?” Dia menjawab,”Tidak!” Lalu Beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata lagi,”Mampukah kamu berpuasa dua bulan berturut-turut?” Dia menjawab,”Ttidak.” Lalu Beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam bertanya lagi : “Mampukah kamu memberi makan enam puluh orang miskin?” Dia menjawab,”Tidak.” Lalu Rasulullah diam sebentar. Dalam keadaan seperti ini, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam diberi satu ‘irq berisi kurma –Al irq adalah alat takaran- (maka) Beliau berkata: “Mana orang yang bertanya tadi?” Dia menjawab,”Saya orangnya.” Beliau berkata lagi: “Ambillah ini dan bersedekahlah dengannya!” Kemudian orang tersebut berkata: “Apakah kepada orang yang lebih fakir dariku, wahai Rasulullah? Demi Allah, tidak ada di dua ujung kota Madinah satu keluarga yang lebih fakir dari keluargaku”. Maka Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam tertawa sampai tampak gigi taringnya, kemudian (Beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam) berkata: “Berilah makan keluargamu!”
(HR Bukhori dan Muslim)

Dari hadis diatas, dipahami kafaratnya ada 3 pilihan;

1⃣Memerdekakan  budak
2⃣Puasa dua bulan berturut turut
3⃣Atau memberi makan 60 org miskin...

Siapa yg membayar kafarat?
Para ulama berbeda pendapat dlm hal ini;
Dlm Fiqh sunnah DR Sayid Sabiq, menyatakan;

ูˆู…ุฐู‡ุจ ุงู„ุฌู…ู‡ูˆุฑ: ุฃู† ุงู„ู…ุฑุฃุฉ، ูˆุงู„ุฑุฌู„ ุณูˆุงุก، ููŠ ูˆุฌูˆุจ ุงู„ูƒูุงุฑุฉ ุนู„ูŠู‡ู…ุง ู…ุง ุฏุงู…ุง ู‚ุฏ ุชุนู…ุฏุง ุงู„ุฌู…ุงุน، ู…ุฎุชุงุฑูŠู†، ููŠ ู†ู‡ุงุฑ ุฑู…ุถุงู† (ูข) ู†ุงูˆูŠูŠู† ุงู„ุตูŠุงู….
"Madhab Jumhur, berpendapat Istri dan suami keduanya membayar kafarat, selama mrk berdua melakukan suka sama suka (3s๐Ÿ˜ƒ)"
"Ditambahkan oleh beliau, jk suami yg memaksa, mk hanya suami yg bayar kafarat"(sdh tentu tdk sebaliknya)....

ูุฅู† ุฃูƒุฑู‡ุช ุงู„ู…ุฑุฃุฉ ู…ู† ุงู„ุฑุฌู„، ุฃูˆ ูƒุงู†ุช ู…ูุทุฑุฉ ู„ุนุฐุฑ ูˆุฌุจุช ุงู„ูƒูุงุฑุฉ ุนู„ูŠู‡ ุฏูˆู†ู‡ุง.
ูˆู…ุฐู‡ุจ ุงู„ุดุงูุนูŠ: ุฃู†ู‡ ู„ุง ูƒูุงุฑุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุฑุฃุฉ ู…ุทู„ู‚ุง، ู„ุงููŠ ุญุงู„ุฉ ุงู„ุงุฎุชูŠุงุฑ، ูˆู„ุงููŠ ุญุงู„ุฉ ุงู„ุงูƒุฑุงู‡.
ูˆุฅู†ู…ุง ูŠู„ุฒู…ู‡ุง ุงู„ู‚ุถุงุก ูู‚ุท.
ู‚ุงู„ ุงู„ู†ูˆูˆูŠ: ูˆุงู„ุงุตุญ - ุนู„ู‰ ุงู„ุฌู…ู„ุฉ - ูˆุฌูˆุจ ูƒูุงุฑุฉ ูˆุงุญุฏุฉ ุนู„ูŠู‡ ุฎุงุตุฉ، ุนู† ู†ูุณู‡ ูู‚ุท، ูˆุฃู†ู‡ ู„ุงุดุฆ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุฑุฃุฉ، ูˆู„ุง ูŠู„ุงู‚ูŠู‡ุง ุงู„ูˆุฌูˆุจ، ู„ุงูู‡ ุญุชู‰ ู…ุงู„ ู…ุฎุชุต ุจุงู„ุฌู…ุงุน، ูุงุฎุชุต ุจู‡ ุงู„ุฑุฌู„، ุฏูˆู† ุงู„ู…ุฑุฃุฉ، ูƒุงู„ู…ู‡ุฑ.

Imam Asy Syafii; tdk wajib kafarat bg istri secara mutlaq..

Imam Nawawi berkata: “Yang lebih kuat menurut kesimpulannya adalah hanya diwajibkan membayar satu kafarat yaitu khusus atas pihak diri suami, sedangkan wanita tidak perlu mengeluarkan apa pun dan tidak dibebani kewajiban, karena kewajiban itu merupakan kewajiban mengenai harta yang khusus dibebankan kepada pihak laki-laki semata, tidak wanita seperti halnya mahar.”
(Lihat Fiqh Sunnah DR Sayid Sabiq)

So.. Apa yg diungkap Imam Syafii adalah yg terpilih, knp?
1⃣Dhohir Hadis diatas perintahnya kpd suami.
2⃣Bukankah shohibul nafaqoh adalah suami...

Wallohu Alam..



☘☘☘☘☘☘☘☘☘
YA ALLOH......
JADIKAN KAMI AL KAYYIS
๐Ÿ๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ
Menebar Dakwah Meraih Berkah

Bank Mandiri :
142-00-1656066-5
a.n. Seger Suprapto
QQ.  MT Dar Al Kayyis

BSM no.rek: 7086895662
a.n.Ainurrofiq .QQ. Dar alKayyis
Share:

PAHALA CLONING MEMBERI BUKA PUASA

Hasil gambar untuk memberi buka puasa
๐ŸŒด๐Ÿ•Œ๐Ÿ“š๐Ÿ•Œ๐Ÿ“š๐Ÿ•Œ๐ŸŒด
Kajian Fiqih Puasa
    Bersama
       Ust Junaidi Sahal 
================
Kajian 12-"Pahala Cloning Memberi buka Puasa"
================
๐ŸŒน➰➰➰➰➰➰๐ŸŒน
(www.dar-alkayyis.com)
Fanpage UJ:
https://m.facebook.com/UstadzJunaidiSahal
❤➰➰➰➰➰❤
๐Ÿ TANYA ๐Ÿ

 Assalamualaikum
Ustadz Junaidi,  saya mau nanya
soal memberi buka puasa.  Kalo kita ikut nyumbang buka puasa misal nasi bungkus di satu forum tapi ternyata yg puasa berbuka puasanya minum aqua atau makan kurma.Nasi bungkusnya dimakan setelah sholat.  Apakah  qta dapat keutamaan pahala memberi orang berbuka puasa?

๐Ÿ“š JAWAB

Wa alaikum Salam warohmatullohi wabarokatuh..

 ุจِุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ

Ya in syaa Allah masih dapat pahalanya, karena mereka masih membutuhkan makan nasi bungkus itu. Dan bukan kah yang memberi sudah berniat, nah niat itu sudah dihitung berpahala .

Mengenai memberi buka kepada orang yang berpuasa ini sedikit ada tulisan sy tentang itu.
⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

MEMBERI BUKA ATAU TA'JIL ORANG YANG PUASA
Oleh ; M JUNAIDI SAHAL

ู…َู†ْ ูَุทَّุฑَ ุตَุงุฆِู…ًุง ูƒَุงู†َ ู„َู‡ُ ู…ِุซْู„ُ ุฃَุฌْุฑِู‡ِ ุบَูŠْุฑَ ุฃَู†َّู‡ُ ู„ุงَ ูŠَู†ْู‚ُุตُ ู…ِู†ْ ุฃَุฌْุฑِ ุงู„ุตَّุงุฆِู…ِ ุดَูŠْุฆًุง
“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”
[At Tirmidzi, Ibn Hibban dan Ahmad]

Dari hadis diatas dapat dipahami sbb;
1⃣Pemberian Ta'jil itu hanya kepada orang yang berpuasa.
2⃣Pemberi Ta'jil mendapat pahala yang sama dengan pahala puasa orang yang berbuka dari ta'jil tsb. Jika yg berbuka tsb selama puasa mengaji, membaca Al Quran,& beramal sholih lainnya, maka pemberi ta'jil itu akan mendapatkan atau mencloning pahala kesalehan orang yg puasa yg telah diberi ta'jil tsb.
3⃣Apalagi ketika berbuka, orang yg diberi ta'jil tsb turut memdoakan sang pemberi ta'jil. Bukankah doa orang yang berbuka dari puasanya sangat Mustajab;

ุซَู„ุงَุซَุฉٌ ู„ุงَ ุชُุฑَุฏُّ ุฏَุนْูˆَุชُู‡ُู…ُ ุงู„ุฅِู…َุงู…ُ ุงู„ْุนَุงุฏِู„ُ ูˆَุงู„ุตَّุงุฆِู…ُ ุญِูŠู†َ ูŠُูْุทِุฑُ ูˆَุฏَุนْูˆَุฉُ ุงู„ْู…َุธْู„ُูˆู…ِ
“Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terdzolimi.”
[At Tirmidzi dan Ibn Hibban]

Ketika berbuka adalah waktu terkabulnya do’a karena ketika itu orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri
[Lihat Tuhfatul Ahwadzi, 7/194.]

So... Afdlolnya, pemberian ta'jil itu tidak hanya dilakukan dipinggir-pinggir jalan,Kpd org2 yg tdk diketahui puasa atau tdk..
Jika puasa ya dapat pahala yg seperti hadis diatas(pahala cloning dan pahala sedekah), kalau tdk puasa ya hanya dapat pahala sedekah aja..
Afdlol pemberian ta'jil itu diberikan kepada majlis ta'lim yang lagi mengadakan pengajian, & masjid2.. Itu lebh besar pahalanya.
Coba bayangkan... Ketika memberi ta'jil kpd seorg ustad, yg lg berpuasa, berceramah, ngejuz Al Quran, mengkaji tafsirnya dan menghatamkannya... Itu semua pahalanya dicloning atau di copas utk org yg memberi ta'jil, dan hebatnya, tidak mengurangi sedikitpun pahala yg dimiliki sang Ust...๐Ÿ˜ณ๐Ÿ˜‡
Yuk berbagi ta'jil yg tepat...

Wallohu Alam
☘☘☘☘☘☘☘☘☘
YA ALLOH......
JADIKAN KAMI AL KAYYIS
๐Ÿ๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ
Menebar Dakwah Meraih Berkah

Bank Mandiri :
142-00-1656066-5
a.n. Seger Suprapto
QQ.  MT Dar Al Kayyis

BSM no.rek: 7086895662
a.n.Ainurrofiq .QQ. Dar alKayyis
Share:

ARCHIEV

VISITORS

free counters

FRIENDS

FACEBOOK

Blog Archive