Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

NASI UDUK DAN KETUPAT SAYUR, MAKANAN "LANGKAH" SAAT DI KAMPUNG

ladangbelajar - Assalaamu'alaikum Wr Wb teman-teman. Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang kuuuliineer. Hmmm pasti teman-teman juga demen banget dengan kuliner. Apalagi kalau sampai wisata kuliner :D.

Kali ini saya mencoba untuk berbagi kekayaan kuliner nusantara nih. Tepatnya di daerah Jakarta. Kuliner murah dan harga terjangkau. Tapi tetap bikin perut kenyang hehehe. Kira-kira apa coba, kuliner yang sering ditemui di pagi hari, di pinggir jalan, yang jual pakai gerobak, dan harganya kisaran 10 ribu - 15 ribu. Ya! itulah nasi uduk dan ketupat sayur teman-teman. Pasti sudah pada ngiler nih bagi teman-teman yang sekarang lapar hehehe.

Teman-teman pastinya sudah pernah mendengar atau bahkan sudah pernah makan dua kuliner di atas. Tapi dua kuliner tersebut jarang pula dijumpai selain di Jakarta atau Jawa Barat. Misal waktu saya dulu di Jawa Timur. Makan nasi uduk dan ketupat sayur cuman bisa saat acara-acara besar. Misal hari raya, tasyakuran, dll.
Oke langsung saja saya bagikan pengalaman menikmati 2 kuliner khas Jawa Barat ini.

1. NASI UDUK
Nasi uduk. Makanan satu ini tergolong sederhana teman-teman. Dari tampilan, komposisi menu, harga, sampai yang jual.
Umumnya menu yang dihidangkan dalam 1 porsi nasi uduk antara lain: Nasi, kering tempe, telur (bulet atau dadar), bihun, timun, taburan bawang goreng, dan sambal.
Ciri khas dari kuliner satu ini adalah dari nasinya. Bukan karena warna atau bentuknya. Tapi rasa dan aromanya yang gurih dan sedap. Jadi sebenarnya kalau makan pakai nasi nya aja sudah terasa nikmat. Adanya mentimun sebagai selingan saat makan semakin menambah cita rasa. 
Nasi uduk pada dasarnya terbuat dari beras yang sama dengan nasi-nasi pada umumnya. Hanya saja proses pembuatannya. Berikut cara membuatnya:
  1. Rebus santan dan masukkan pula daun salam,cengkeh, serai, kayu manis, merica, dan garam. 
  2. Aduk hingga mendidih.
  3. Campurkan santan dan beras. 
  4. Kukus hingga beras matang atau jadi nasi.
  5. Nasi uduk siap disajikan.
Nasi uduk hampir mirip dengan nasi kuning. Sama-sama beraroma sedap. Namun bedanya nasi kuning berwarna kuning dan ada aroma kunyit nya. Lauk yang menemani nasi kuning pun sama dengan nasi uduk. Jadi bagi teman-teman yang berada di luar Jawa Barat pasti senang banget kan saat makan nasi kuning. :D
Umumnya harga nasi uduk mulai dari 10 ribu sampai 13 ribu. Harga tersebut saya ketahui saat kemarin sempat makan juga di beberapa tempat. Kalau teman-teman tinggal di daerah jakarta, bisa klik link berikut nih 

2. KETUPAT SAYUR

Ini nih salah satu makanan favorit saya. Ketupat sayur. Dikutip dari wikipedia bahwasannya ketupat salah satu kuliner dari Asia Tenggara. Khususnya di Indonesia nih, kuliner yang satu ini banyak di jumpai saat hari raya tiba bersandingan dengan lontong.
Bagi saya waktu masih di Jawa Timur ini ketegori makanan langkah. Kalau ketupatnya mah banyak. Tapi kalau dipadu dengan kuah opornya, ini yang jarang saya temui. Paling-paling nunggu lebaran tiba untuk menyentap menu yang satu ini. :D
Terkadang kalau mudik dan ternyata opor ayam di rumah sudah habis, hmmm seperti ada yang kurang.
Sejarah ketupat di Indonesia dari salah satu sumber sejak zaman Sunan Kalijaga teman-teman. Karena berasal dari beras, ketupat sering digunakan sebagai menu pengganti nasi karena sama-sama mengenyangkan. :D
Selain lontong sayur, ketupat juga disandingkan dengan ketoprak, sate, bakso, rujak, dan masih banyak lagi.
Memasak ketupat perlu keterampilan khusus. Pertama mulai dari membuat anyaman ketupatnya. Lalu memasukkan beras kedalam ketupat. Memasukkan beras ke dalam ketupatpun juga ada "rumusnya". Kalau beras yang dimasukkan terlalu banyak maka akan keras. Juga sebaliknya jika beras terlalu sedikit yang dimasukkan.
Oke kembali ke topik utama. Lontong sayur. Bagi saya sih bukan karena ketupatnya yang bikin ketagihan. Tapi karena siraman kuahnya itu teman-teman. Jika dipadukan dengan ketupat, sambal, plus kerupuk. Hmmmmm nikmat duniaaa.... :D.
Komposisi yang terdapat ketupat sayur antara lain ketupat, kuah ada sayur labu siamnya, kerupuk, sambal, dan telur bulat. Memang simpel komposisinya. Cuman kuahnya itu yang kasa akan rasa. Apalagi saat lebaran. Ketupat diguyur dengan opor ayam. Hmmmm....
Ketupat sayur paling enak jika dimakan ditempat. Karena kalau dibungkus masih harus dimasukkan plastik. Sampai di rumah harus buka plastiknya lagi. Untuk resep dan cara memasak ketupat sayur yang nikmat bisa buka halaman ini nih. Disini. Siapa tahu teman-teman ada yang ingin coba. 
Berikut ini adalah destiniasi tempat makan ketupat sayur yang ada di beberapa kota besar:
Sumber:

Share:

0 komentar:

Post a Comment

ARCHIEV

VISITORS

free counters

FRIENDS

Blog Archive