Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

TIPS MENGHADAPI TES CPNS

ladangbelajar - Assalaamu'alaikum Wr Wb. Selamat siang semuanya. Akhirnya bisa kembali menulis. Hmmm sudah banyak sarang laba-laba nya nih blog :D. Kali ini saya akan berbagi sebuah pengalaman mengikuti ujian kerja. Siapa tahu bisa jadi bahan belajar yang menarik untuk teman-teman.

Oke. Ini pengalaman saya ikut ujian CPNS. Hmmm profesi yang banyak diidam-idamkan masyarakat. Waktu itu saya ikut ujian di salah satu instansi pemerintah. Sejak lulus kuliah nungguin 2 tahun baru ada lowongan ini nih. Info dapat dari teman. Awalnya mau daftar masih tarik ulur. Karena inginnya masih "mengabdi" di tempat kerja yang lama. Tapi siapa yang tahu rejeki orang. Hanya Allah Subhanahuwata'ala yang tahu. Kita sebagai hambaNya mah cuman bisa berusaha. :D

Akhirnya saya pun daftar. Ternyata waktu itu sudah mulai pendaftaran gelombang ke 2. Itupun waktu kurang 1 pekan lagi seingat saya. Akhirnya saya coba buka-buka instansi yang menarik dan sesuai dengan skill serta kuota banyak :D. Ingat! Tips pertama sesuai skill dan kuota banyak. Kenapa saya tekankan kepada skill, karena ini akan berpengaruh pada proses seleksi berkas, wawancara, dan ujian keterampilan. Serta kuota yang banyak agar kemungkinan kita diterima juga lebih besar. Terlebih bagi saya yang skillnya sudah mulai pudar nih :D.

Ada serangkaian seleksi yang akan teman-teman hadapi dalam ujian CPNS. Saya berikan rangkaian seleksi serta cara/tips yang saya terapkan selama ikut ujian. Ingat ya, ini rangkaian seleksi di instansi yang saya ikut. Beberapa instansi memiliki kebijakan berbeda. Berikut rangkaian seleksinya:

1. TES ADMINISTRASI
Ini adalah tes yang paling mudah :D. Karena teman-teman tidak perlu datang ke lokasi ujian karena sekarang sudah menggunakan sistem online. Hehehe. Siapkan saja dokumen seperti ijazah dari SD sampai terakhir. Kemudian scan KTP, sertifikat keterampilan dll. Setiap instansi berbeda-beda. Ingat: Sesuaikan ijazah teman-teman dengan formasi yang dibutuhkan oleh instansi. Misal teman-teman adalah sarjana ekonomi, maka pilihlah instansi yang membuka formasi sarjana ekonomi. Banyak cerita dari para panitia saat proses seleksi administrasi berlangsung. Beberapa pelamar berlatar belakang berbeda dari formasi yang dibutuhkan.

Tips menghadapi tes administrasi:
  • Teliti dan pahami benar-benar persyaratan yang diminta oleh instansi.
  • Scan dokumen teman-teman dengan baik jangan sampai hasil scan rusak/buram/pecah.
  • Sesuaikan persayaratan. Misal Surat Keterangan Sehat. Jika diminta surat kesehatan dari rumah sakit setempat, maka jangan tes kesehatan di puskesmas :D.
  • Terkadang dalam proses upload dokumen, terdapat batas maksimal dokumen. Saya dulu 2-5 Mb. Jadi setelah dokumen di scan, lakukan compress dokumen.
  • Setelah dokumen telah terupload, lakukan pemeriksaan kembali. Siapa tahu ada dokumen yang "salah kamar" :D.
  • Jika sudah yakin sesuai, maka silahkan upload dokumennya.
Tinggal teman-teman menunggu hasil lolos tes administrasi. Biasanya nunggu beberapa pekan. Tapi teman-teman setiap harinya diusahakan selalu memantau informasi pengumumannya. Karena jarak sejak informasi kelulusan administrasi dengan tes berikutnya hanya beberapa hari. 

2. TES SKD (Seleksi Kompetensi Dasar)
Selamat teman-teman sudah lolos tes administrasi :D. Oke, disini teman-teman mulai serius bahkan super serius hehehe. Apa sih tes SKD itu? sebelumnya sih bernama TKD (Tes Kompetensi Dasar) sebelum tes online berlaku. Jadi tes SKD ini menyangkut pengetahuan umum. Mulai dari ilmu sosial, sejarah, matematika, psikologi, dan banyak lagi. Kalau teman-teman pernah ikut SNMPTN saat masuk perguruan tinggi, Nah macam itu lah bentuk soalnya. Juga ada beberapa soal tambahan. Jumlah soal kurang lebih 100 dan dikerjakan dalam waktu 90 menit. 

Tes SKD terbagi menjadi tiga, antara lain tes karakteristik pribadi, intelegensia umum, dan tes wawasan kebangsaan. Setiap item memiliki nilai minimal yang keseluruhannya harus diatas nilai minimal. Adapun nilai ambang batas seleksi kompetensi dasar untuk materi itu antara lain 143 untuk tes karakteristik pribadi, 80 untuk tes intelegensia umum, dan 75 untuk tes wawasan kebangsaan.
Teknis ujiannya adalah teman-teman memakai laptop. Menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Tes). Sistem ini diterapkan oleh pemerintah untuk mengurangi kecurangan selama ujian berlangsung. Jadi tinggal klik-klik jawaban dan hasilnya akan keluar di layar masing-masing saat waktu telah berakhir.

Tips menghadapi Tes SKD:
  • Berdo'a (paten). Nih jurus paling ampuh. Intinya jangan pernah berhenti berdo'a. Lampiran doanya saya tulis di bawah ya :D.
  • Belajar. Banyak cara yang bisa teman-teman lakukan dalam belajar menjelang ujian. Saya dulu belajar dari soal di ujian cpns sebelumnya. Bisa juga via online atau dengan membeli buku. Karena soal-soal ujian dengan berbagai variasi banyak terdapat di web/blog.
  • Beli buku ujian SKD. Nih kalau teman-teman ada uang lebih silahkan beli atau pinjam buku temannya. Saya dulu sempat minder ketika melihat para peserta ujian belajar dengan buku yang cukup tebal. Sedangkan saya hanya belajar melalui contoh-contoh soal yang dicetak di kertas.
  • Banyak cara yang dapat dilakukan dalam belajar. Kebanyakan buku atau soal ujian cpns memiliki kunci jawaban. Teman-teman bisa langsung memasukkan jawaban ke soal dan membaca/menganalisa tiap-tiap soal bagaimana proses dari munculnya jawaban tersebut. Cara kedua dengan cara normal, yakni kerjakan soal dan cocokkan dengan jawaban. Terus latih kemampuan teman-teman hingga konsisten meraih hasil diatas nilai minimal.
  • Saat menjawab soal, usahakan menjawab dari soal yang termudah. Jadi misal ada soal yang sulit, lompati saja. Tenang, sistem CAT bisa untuk melihat kembali soal-soal yang kita lompati. Bisa teman-teman mulai kerjakan dari depan ke belakang atau sebaliknya. Lebih baik teman-teman melukan orientasi dulu dengan sistem CAT nya. Di google banyak kok hehehe. Agar nanti tidak bingung dengan sistemnya.
  • Usahakan 1 soal dikerjakan dalam kurang dari 1 menit. Yaa 30-45 detik lah, karena 100 soal waktunya hanya 90 menit. Jadi misal ada sisa waktu bisa digunakan untuk menyelesaikan soal-soal yang belum dikerjakan.
Peserta yang selesai mengerjakan (dan sudah melihat nilai yang muncul di layar) harus segera meninggalkan ruangan. Ingat! jangan panik saat melihat peserta lain lebih dahulu menyelesaikan soal-soal. Tetap tenang dan fokus mengerjakan. Teman-teman bebas mau langsung lihat nilai atau nunggu waktu sampai habis baru melihat nilainya. Saya kemarin nunggu saja sampai waktu habis. Dan 3...2...1...JRENG JRENG! Alhamdulillah ternyata nilainya memenuhi. :D
Naah setelah keluar ruangan kita nunggu di lobi/tempat khusus untuk melihat rangking nilai kita. Ingat! semua peserta yang lolos SKD belum tentu masuk ke ujian selanjutnya (SKB). Perbandingannya adalah 1:3. Jadi misal sebuah instansi membutuhkan 50 formasi, maka dikalikan 3. 50 x 3 = 150 peserta. Maka saat ada 500 orang yang lolos SKD cuman 150 orang teratas saja yang berhak masuk ke ujian SKB. 
Maka manfaatkanlah ujian SKD ini dengan nilai sebaik-baiknya. Bukan sekedar pokoknya memenuhi nilai ambang batas saja. Hehehe
Jangan lupa pula untuk selalu update informasi kelulusan SKD. Jarak antara informasi kelulusan SKD dan jadwal ujian SKB waktu itu hanya 3 hari. Jumat diumumkan di web instansi dan senin langsung tes. Kagak ngeri gimana coba :D. 

3. TES SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB)
Selamat buat teman-teman yang sudah lolos teks SKD. Tes SKB adalah ujian tentang kompetensi bidang. Misal formasi yang dibutuhkan tentang IT, maka yang diujikan di SKB adalah soal-soal tentang IT pula. Mulai dari pemrograman, jaringan, multimedia, dan semacamnya.
Namun di dalam ujian SKB ini antar instansi memberikan kebijakan yang berbeda dalam menentukan bentuk ujiannya. Ada instansi A memasukkan ujian fisik/samapta dasar. Namun ada pula instansi B yang tidak menerapkan. Hanya sekedar ujian kompetensi bidang dan langsung wawancara.
Ditulisan ini akan saya bagikan semua bentuk tes yang saya ikuti. Karena menurut saya di instansi ini yang paling lengkap macam ujiannya. Pengumuman kelulusan akhirnya pun paling akhir dari puluhan instansi :D.

Tips menghadapi ujian SKB:
  • Berdoa (paten). Pokoknya ini jangan pernah lupa dah :D
  • Pelajari dengan baik bidang teman-teman.
  • Bisa belajar dari buku waktu sekolah atau via online.
  • Pelajari semua bidang ilmu. Misal ilmu IT, jangan hanya belajar jaringan. Pelajari pula tentang multimedia, pemrograman, dll.
  • Bila perlu hafal singkatan-singkatan dan istilah pada bidang masing-masing. Karena ini yang sering  menjebak.
  • Belajar berulang hingga konsisten mendapat nilai maksimal.
  • Jangan lupa jaga kesehatan sebelum berjuang. Termasuk jangan tidur terlalu malam. Bahaya di keesokanharinya. Bisa bangun kesiangan, telat, kepala pusing, dan tidak shalat subuh. Hmmmm
Bagi teman-teman yang sudah lama lulus dari kuliah atau sudah tidak bergelut di dunia IT maka harus belajar lagi. Mengingat-ingat materi yang pernah dipelajari waktu kuliah. Tapi di ujian SKB ini tidak ada soal praktik, semua soal teori a b c d e. :D
Pada tes SKB ini banyak sekali nilai peserta yang jeblok alias rendah. Namun alhamdulillah instansi yang saya pilih tidak menerapkan sistem gugur. Jadi semua peserta SKB baik yang nilainya baik dan kurang baik tetap berhak menuju tahap seleksi berikutnya.
Ingat ya, belajar dengan baik dan pahami bidang masing-masing. 
Pengalaman saya kemarin karena tidak ada perangkingan ya kita tinggal menunggu info untuk jadwal seleksi selanjutnya.

4. PSIKOTES (TEORI)
Selamat teman-teman yang masih bertahan dan melanjutkan tes psikologi. Kenapa saya katakan demikian, karena beberapa dari teman-teman ada saja yang tidak hadir. Mungkin karena ketinggalan jadwal dll.
Psikotes merupakan ujian yang cukup menyenangkan. Pasti teman-teman pernah mengikutinya. Jika belum pernah, lihat saja contoh soal psikotes di google. BAANYAK :D.

Tips menghadapi teori psikotes:
  • Berdoa (paten). Nih jangan lupa ya.
  • Belajar. Buka kembali contoh-contoh soal psikotes dari berbagai sumber. 
  • Terus lakukan latihan menjawab soal psikotes hingga mendapatkan nilai bagus yang konsisten.
  • Jangan lupa jaga kesehatan sebelum berjuang. Isi perut dahulu, agar di tengah ujiain tidak kelaparan. Tapi juga jangan banyak-banyak makan dan minum. Bisa ke kamar mandi terus :D waspada ruangan ber AC.
  • Sebelum berangkat periksa kembali perlengkapan yang dibutuhkan. Mungkin ada syarat membawa alat tulis sendiri. Meski saya dulu sudah disediakan sih.
Ujian teori psikotes ini banyak macamnya, mulai dari angka, simbol, dll. Jumlah soalnya juga sangat banyak dan menguras tenaga juga pikiran. Contohnya tes Kreplin. Kayak gambar di bawah ini nih.


Jadi teman-teman disediakan kertas berukuran koran yang mana di halaman depan dan belakang berisikan angka-angka seperti gambar diatas. Beberapa menyebut dengan nama "Tes Koran" karena ukuran kertasnya segede koran :D.
Tes kreplin ini digunakan untuk mengetahui kecepatan dan konsistensi kerja kita. Caranya yaitu:
  1. Kerjakan dari pojok kiri atas. 
  2. Jumlahkan 2 angka (atas dan bawah) yang saling berdekatan.
  3. Perhatikan gambar di atas. Disana ada angka 1 dan 9. Jika jumlah yang dihasilkan puluhan/belasan maka yang diambil adalah angka belakangnya saja. Misal ada jumlah yang muncul 16, maka angka 6 saja yang ditulis. Jika dilihat pada gambar diatas, angka 1 dan 9 dijumlahkan maka hasilnya 10. Maka yang tertulis adalah angka belakangnya saja yaitu 0. Semisal hasilnya satuan, ya angka itu sendiri yang ditulis di sebalah kanan antara kedua angka yang dijumlahkan.
  4. Terus lakukan penjumlahan secara cepat dan teliti ke bawah. Bukan kesamping. Jadi pengerjaannya dari atas ke bawah, atas ke bawah, dst.
  5. Perhatikan dan dengarkan aba-aba dari instruktur. Misal instruktur bilang "MULAI!" segera kerjakan. Jika instruktur bilang "STOP!" maka berhentilah dan berikan tanda berupa garis di bawah angka terakhir yang dijumlahkan. Misal contoh diatas, karena kita berhenti di penjumlahan angka 2 dan 3, maka beri garis mendatar di bawah angka 3. Jika instruktur bilang "MULAI!" segera kerjakan lagi sampai instruktur mengatakan waktu selesai. Simpel kan.
  6. Jika lembaran depan belakang sudah habis (terjumlahkan semua) maka segera angkat tangan dan minta lembaran baru ke petugas. Karena tiap peserta pasti berbeda kecepatan mengerjakannya. Tetap fokus dan jangan terpengaruh.
Kemarin waktu tes kreplin diletakkan paling akhir. Jadi saat tenaga dan pikiran sudah banyak terkuras, masih ada tes yang lebih menguras tenaga. Hmmmm tapi alhamdulillah bisa menyelesaikannya.
Penggunan garis saat ada perintah berhenti memiliki maksud. Jadi setiap baris yang terdapat garis tersebut jika dihubungkan ke kanan akan membentuk sebuah grafik. Naaah dari situlah panitia bisa membaca cara kerja teman-teman. Keterangannya sebagai berikut:
  • Grafik menanjak, menunjukkan teman-teman dalam bekerja menunjukkan peningkatan seperti prestasi, efisiensi waktu dll.
  • Grafik datar, berarti teman-teman orang yang konsisten dalam bekerja.
  • Grafik menurun, menunjukkan teman-teman orang yang mudah lelah dalam bekerja atau bisa jadi mudah bosan bahkan berujung pada penurunan prestasi.
  • Grafik naik turun, menunjukkan teman-teman kurang konsisten dalam bekerja.
Jika sudah melaksanakan ujian teori pskotes, senantiasa berdoa agar diberikan hasil yang terbaik. Aamiin...

5. TES KESEHATAN JIWA (TEORI)
Tes kesehatan jiwa ini berupa teori. Teman-teman baca-baca di google dulu agar punya gambaran soal-soal yang disajikan. Soalnya kira-kira 600 dan dikerjakan dalam waktu 2 jam atau 120 menit. Wah sedikit sekali waktunya. Tenaang jawabannya hanya IYA dan TIDAK. Teman-teman tinggal menghitamkan di lembar jawaban.
Tes ini bertujuan untuk mengukur kesehatan jiwa kita. Siapa juga instansi yang tidak menginginkan karyawannya memiliki kesehatan jiwa yang baik.

Tips mengerjakan tes kesehatan jiwa:
  • Berdoa (paten) jangan lupa ya.
  • Persiapan alat tulis. Ahamdulillah jika disediakan.
  • Kerjakan dengan cepat dan teliti.
  • Jika menemui pertanyaan yang rumit, lewati! Meski umumnya soalnya mudah-mudah :D.
  • Periksa kembali lembar jawaban, mungkin ada yang belum terisi. Seperti identitas dll.

6. TES MENTAL IDEOLOGI (WAWANCARA)
Tes mental ideologi atau disebut tes MI di pengalaman saya kemarin dilaksanakan di hari berikutnya setelah psikotes. Karena berupa wawancara, beberapa pertanyaan yang dilontarkan mengenai kondisi negara. Waktu itu yang bertindak sebagai pewawancara dari unsur pimpinan.

Tips menghadapi tes MI:
  • Berdoa (paten) agar diberikan kemudahan dalam menjawab pertanyaan.
  • Pelajari dahulu apa sih tes MI itu.
  • Perhatikan penampilan diri mulai dari kepala sampai kaki. Khususnya laki-laki nih.
  • Pakai minyak jika teman-teman (laki-laki) memiliki rambut panjang. Pendek lebih nyaman/rapi.
  • Setrika dulu baju dan celana masing-masing.
  • Sepatu pantovel hitam.
  • Biasanya ada persyaratan mengenai seragam dan perlengkapan dari panitia untuk tes MI. 
  • Jangan lupa selalu tersenyum dan menatap wajah pewawancara. Baik saat mendengarkan pertanyaan atau menjawab pertanyaan.
  • Untuk materi, pelajari kondisi negeri kita tercinta pada waktu itu. Apapun yang lagi HOT nih, simak dan pantau terus perkembangannya.
  • Pelajari pula sikap saat wawancara. Mulai masuk ruangan dengan mengetuk pintu dan ucapkan salam, berjabat tangan, perkenalan, dll.
Saya menyimpulkan bahwa tes MI ini untuk mengetahui pengetahuan kita terhadap negara sendiri. Serta pandangan kita mengenai kondisi negara saat ini dan kedepannya.

7. WAWANCARA PSIKOTES
Jadi ada dua bentuk tes nih untuk psikotes. Ada tes teori dan wawancara. Tes wawancara pesikotes ini bermaksud untuk mengetahui seberapa besar keingingan kita masuk di instansi tersebut. Waktu untuk wawancara berkisar 20 - 50 menit. Terkadang masing-masing pewawancara berbeda. Biasanya ada 2 pewawancara. Laki-laki dan perempuan. Keduanya akan saling bergiliran untuk bertanya dan menilai.
Tips menghadapi wawancara psikotes:
  • Berdoa (paten) teruuus berdoa jangan ada putusnya.
  • Perhatikan penampilan.
  • Perhatikan cara berjabat tangan. Kalau pewawancara menjabat tangan dan tidak digerakkan/diayunkan, maka kita jangan menggerakkan. Juga sesuaikan erat genggaman tangan saat berjabat tangan. Kalau pewawancara menggenggam dengan santai, ya santai juga, jangan digenggam erat-erat :D.
  • Jangan lupa senyum dan cepat dalam menjawab pertanyaan.
  • Hilangkan suara Eee..eemm atau pandangan mata kesana kemari saat menjawab pertanyaan khususnya. Itu bisa mengurangi keyakinan pewawancara terhadap jawaban teman-teman. 
  • Tanggap dalam menjawab pertanyaan dan tidak berbelit lah intinya. to the point hehe.
  • Saat wawancara selesai, jangan lupa tetap pertahankan senyum, berjabat tangan, dan salam.
Kunci dari wawancara ini adalah dari sikap atau perilaku, penampilan, dan jawaban kita. Sikap dan perilaku kita baik, penampilan rapi dan menarik, dan jawaban kita meyakinkan, maka akan menjadi nilai plus untuk teman-teman.

8. TES KESEHATAN
Selain tes kesehatan di rumah sakit setempat, teman-teman juga akan menjalani tes kesehatan lagi nih. Khususnya di instansi yang mensyarakatkan tes kesehatan. Waktu itu saya tes di rumah sakit yang berada dinaungan instansi tersebut bersama dengan peserta lainnya. Pemeriksaan kesehatannya cukup lengkap. Mulai dari tes urin, darah, ronsen, mata, gigi, tensi, hingga organ dalam. Masih ada lagi pokoknya saya agak lupa. Dan itu baru pertama saya diperiksa selengkap itu. Gratis lagi :D

Tips menghadapi tes kesehatan:
  • Berdoa (paten)
  • Jaga makanan dan minuman. Karena tesnya pagi, maka saat makan dan minum di malam hari harus kita jaga. Jangan konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein atau minuman instan berkaleng. Apalagi alkohol dan semacamnya. 
  • Jangan lupa sarapan yang sehat. Bisa roti atau nasi plus sayur. yang ringan-ringan saja.
  • Jangan tidur terlalu malam. Awas tensi naik saat pemeriksaan.
  • Bangun pagi dan periksa kembali persyaratan/perlengkapan yang dibutuhkan.
Ingat ya, meski mudah dan teman-teman tidak perlu belajar membuka buku, tapi teman-teman harus tetap waspada di hari menjelang tes kesehatannya. Karena kondisi fisik yang tidak mendukung, sakit mendadak, akan menyebabkan hasil pemeriksaan tidak maksimal.
Buat teman-teman juga yang takut jarum suntik, sementara berani dulu lah :D karena nanti bakal diambil sampel darah buat pemeriksaan. 


9. TES FISIK/SAMAPTA DASAR
Naaah kalau teman-teman sudah sampai sini, bisa dikatakan teman-teman masuk dalam tahap akhir seleksi. Yaaa saatnya menguji kebugaran teman-teman. Waktu itu yang diujikan hanya lari lapangan kecil sebanyak 10 kali.
Teman-teman nanti dapat berapa menit akan ada nilainya masing-masing. Umur dan jumlah putaran akan ada rumusnya tersendiri. Jadi misal peserta A usia 22 tahun sedangkan peserta B umur 35 serta memiliki waktu lari yang sama (katakan 15 menit) maka dinilai tidak sama. Justru peserta B dinilai lebih bagus. Karena usia lebih muda seharusnya memiliki waktu yang lebih singkat.

Tips menghadapi tes fisik:
  • Berdoa (paten)
  • Berlatih berlatih berlatih.
  • Jangan lupa pemanasan sebelum berlari. Sedikit cedera akan merusak semua persiapan teman-teman.
  • Manfaatkan jedah waktu antara tes sebelumnya ke tes fisik. Waktu itu ada 3 hari seingat saya. Ya 3 hari itu saya forsir waktu latihan untuk lari dan lari.
  • Misal lari yang diujikan, buat pengukuran yang sama dengan standar yang diujikan nanti. Standar Lari 12 menit adalah Lari untuk Laki-Laki : 3444 meter(8 kali keliling sepak bola), Waktu 12 Menit Lari untuk Cewek : 3095 meter(7 kali keliling sepak bola). Terus lakukan latihan sampai menyentuh angka standar tersebut. Semangat :D
  • Lakukan peregangan atau pendinginan seusai berlari. 
  • Lakukan dengan rutin.
  • Saat tes lari, jangan lupa pemanasan.
  • Jangan langsung ngebut untuk ambil posisi terdepan. Dikhawatirkan fisik teman-teman yang kurang akan cepat menghabiskan tenaga. Jadi lari sesuai dengan latihan.
  • Setiap putaran usahakan untuk menambah kecepatan. Karena semakin lama fisik kita mulai memanas akan terasa ringan saat berlari. Terus usahakan menambah kecepatan sampai putaran terakhir.
  • Jika lari sudah maka lakukan pelemasan. 

Perlu teman-teman ingat. Suasana hati akan berbeda saat latihan dan ujian. Jantung akan berdetak kencang yang menyebabkan cepat lelah saat kita tidak bisa mengatur nafas. Jadi tidak hanya fisik, mentalpun perlu teman-teman siapkan.

10. PEMBERKASAN
Selamat selamat dan selamat. Kalaau sudah sampai tahap ini sudah dipastikan teman-teman diterima. TAPI dengan syarat mau untuk melengkapi berkas-berkas yang diminta. Persiapkan dokumen-dokumen seperti KK,KTP, Akta lahir dll. Waktu itu saya dadakan sekali infonya jadi harus bolak balik bahkan kirim via pos. Namun alhamdulillah semua berkas terkumpul. 
Jika ada berkas yang tidak sesuai atau kurang biasanya masih ada waktu untuk segera diperbaiki selagi BKN mau untuk menerima berkas teman-teman.
Setelah itu teman-teman tinggal ngikut saja orientasi kegiatan sampai prajab CPNS :D.

REFERENSI DOA
  • Perbanyak Istighfar. Kita memohon ampun atas dosa-dosa yang kita lakukan. Semoga Allah Subhanahuwata'ala mengampuni. Karena dengan hati yang bersih menjadikan doa kita diijabah dan cepat terkabul.
  • Perbanyak membaca shalawat taisir. Ini pesan dari guru ngaji saya. Adapun bacaannya: 
اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدْ, سَهِّلْ وَيَسِّرْ مَا تَعَسَّرْ
"Ya Allah, semoga sholawat serta salam tercurahkan atas Rasulullah Muhammad, Ya Allah, berilah kemudahan dan kelancaran atas segala sesuatu yang sulit."
  • Perbanyak membaca shalawat fatih. Ini juga pesan dari guru ngaji saya. Adapun bacaannya:
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ، الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ، وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

“Ya Allah curahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang dapat membuka sesuatu yang terkunci, penutup dari semua yang terdahulu, penolong kebenaran dengan jalan yang benar, dan petunjuk kepada jalanmu yang lurus. Semoga Allah mencurahkan rahmat kepada beliau, kepada keluarganya dan kepada semua sahabatnya dengan sebenar - benar kekuasaannya yang Maha Agung."
  • Baca juga do'a Nabi Musa 'Alaihissalaam sebelum ujian wawancara berlangsung. Agar kita diberikan kelancaran dalam menjawab pertanyaan dan berkata-kata. Adapun bacaannya:

 رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي  وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي  يَفْقَهُوا قَوْلِي
“Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku”
(QS. Thoha: 25-28)
  • Lakukan 2 rakaat shalat hajat menjelang ujian.
  • Dirikan shalat malam dan jangan lupa berdoa setelahnya.
  • Rutinkan shalat dhuha juga. Bisa 2, 4, 6 rakaat atau lebih.
  • Perbanyak doa dan tawakkal agar diberikan yang terbaik. Adapun kita diterima atau tidak, Allah Subhanahuwata'ala yang Maha Tahu mana tempat terbaik untuk hambaNya.
  • Awali dengan basmalah saat memulai ujian.
  • Perbanyak bersyukur setiap selesai ujian. 
Sumber:
Share:

0 komentar:

Post a Comment

ARCHIEV

VISITORS

free counters

FRIENDS

Blog Archive