Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

MENUJU KIEV, HEAD TO HEAD ANTARA ZIDANE DAN KLOPP

ladangbelajar - Assalaamu'alaikum Wr Wb teman-teman sekalian. Kali ini saya akan menulis sebuah artikel tentang sepak bola. Masih ingat kan berita tentang si kulit bundar yang lagi hangat-hangatnya khusunya di daratan Eropa. Tentu Liga Champions. 
Kompetisi teratas klub sepak bola benua biru kini sudah sampai pada puncaknya. Juara bertahan tahun lalu, Real Madrid, kali ini akan ditantang raksasa dari Inggris, Liverpool. Melihat sejarah mereka berdua di Liga Champions nih, keduanya merupakan tim langganan juara. Real Madrid dengan 12 gelarnya merupakan yang paling banyak diantara klub eropa lainnya. Sedangkan Liverpool berada di urutan ke 3 dengan koleksi 5 gelar di bawah AC Milan (7 gelar).
Namun kali ini yang akan saya ulas mengenai nahkoda dua kesebelasan tersebut. Ya, Zinedine Zidane dan Jurgen Klopp. Sebagai pelatih keduanya belum pernah berjumpa. Sekali berjumpa langsung di final. Hehehe
Ulasan panjang di bawah ini saya tulis dari situs berita asal Inggris, Daily Mail. Karena tulisan asli berbahasa inggris, jadi perlu translate. Namun tidak ada informasi yang saya kurangi atau saya tambahkan.

HEAD to HEAD ZIDANE VS KLOPP
Zinedine Zidane dan Jurgen Klopp memiliki dua karir berbeda dalam perjalanan menuju puncak. Namun hanya satu dari mereka yang akan membuat sejarah Eropa kala bersua di Final Liga Champions 2018 di Kiev.
  • Real Madrid akan menghadapi Liverpool di final Liga Champions bulan ini di Kiev.
  • Kontes ini mempertaruhkan Zinedine Zidane melawan Jurgen Klopp untuk memenangkan trofi Liga Champions ketiga berturut-turut sebagai pelatih Real Madrid.
  • Klopp akan menjadi legenda Liverpool jika mereka menjadi juara Eropa.
Laga ini memiliki semua persyaratan untuk final klasik Liga Champions. Dua tim kelas berat sepak bola Eropa - Real Madrid dan Liverpool -  akan berhadapan di final Kiev pada 26 Mei mendatang.
Di bawah pimpinan manajer mereka, Zinedine Zidan dan Jurgen Klopp -  kedua tim ini tidak hanya menuju sekedar tempat pertunjukan sepak bola Eropa, tetapi juga pertunjukan yang mewah.
Pada malam itu akan muncul pelatih dengan gameplan yang lebih baik untuk meraih yang terbaik dari masing-masing tim hebat mereka.
Dalam ulasan ini akan dibandingkan rekor kedua pelatih - Zinedine Zidane dan Jurgen Klopp:

KARIR BERMAIN
Zinedine Zidane bisa dikatakan sebagai pemain paling berbakat di generasinya. Seorang playmaker asal Prancis yang bisa "menyihir" pertandingan. Ahli sentuhan halus, gerakan berputar (roulette), drible, umpan terobosan, belum lagi tendangan kegawang yang tak bisa dihentikan. Dia ikon dua klub besar Eropa, Juventus dan Real Madrid.
Di kedua klub tersebut dia memenangkan hampir semua trofi termasuk juara Liga Champions tahun 2002 bersama Real Madrid kala tendangan volinya menjadi penentu kemenangan tim asal negeri matador tersebut.
Akrobatik: Tendangan voli Zidane menjadi penentu kemenangan 2-1 Real Madrid kala bersua Bayer Leverkusen di final Liga Champions tahun 2002 di Glasgow.

Mahkota kejayaan bermula pada tahun 1998 kala dia menjadi bintang kemenangan Prancis di Piala Dunia. Prancis yang kala itu bertindak sebagai tuan rumah berhasil menyungkurkan Brasil dengan skor telak 3-0.
Karir dari Jurgen Klopp berlangsung selama 14 tahun dan tidak semewah raihan Zidane. Dia awalnya adalah seorang striker sebelumnya akhirnya menjadi pemain bertahan di klub utamanya, Mainz, di pertengahan tahun sembilan puluhan.
Selama 11 tahun, Klopp telah bermain untuk Mainz sebanyak 325 kali di liga. Mencetak 52 gol sebelum akhirnya pensiun di usia 34 tahun dan kemudian menjadi manajer klub.
Legenda: Jurgen Klopp telah membela Mainz selama 11 tahun dan mencatat 325 penampilan dan 52 gol.

KARIR KEPELATIHAN
Zidane telah menciptkan awal yang luar biasa untuk karir kepelatihannya. Seorang pemain berpengalaman dengan teknik cemerlang yang datang untuk memimpin Real Madrid. Secara mulus dia mampu membuat perubahan di dalam pelatihan tim.
Awalnya Zidane adalah penasihat khusus Jose Mourinho hingga kemudian menjadi manajer tim B, Real Madrid Castilla, pada musim panas 2014. Keputusan manajemen menarik Zidane sebagai pelatih Real Madrid Castilla menimbulkan kontroversi di beberapa kalangan karena pria asal Prancis tersebut tidak memiliki kualifikasi kepelatihan. Namun dalam 18 bulan kemudian dia ditunjuk untuk melatih tim utama menggantikan Rafa Benitez.
Mengesankan: Zinedine Zidane mengakhiri musim pertama kepelatihannya dengan meraih trofi liga champions 2016 setelah menggantikan Rafa Benitez di pertengahan musim.

Dengan membawakan ide-ide baru, Zidane mengakhiri musim 2015/2016 dengan membawa Real Madrid juara Liga Champions dengan mengalahkan Atletico Madrid melalui adu penalti.
Musim berikutnya lebih luar biasa lagi. Bukan hanya merebut gelar La Liga, Piala Dunia Antar Klub FIFA, namun menjadi klub pertama yang mampu mempertahankan gelar Liga Champions setelah mengalahkan raksasa Serie A, Juventus. Tim berjuluk Los Galacticos tesebut menang telak 4-1 pada laga yang berlangsung di Cardiff.
Kesuksesan mereka di kancah Eropa masih terus berlanjut musim ini. Real Madrid berhasil menyingkirkan Paris Saint-Germain, Juventus, dan Bayern Muenchen untuk melangkah ke final demi meraih trofi Liga Champions ke 13 mereka.
Di sisi lain Jurgen Klopp berhasil membawa Mainz promosi ke divisi teratas Bundesliga pada tahun 2004. Bahkan lebih hebat lagi, dia mampu membawa Mainz tampil di Piala UEFA setahun kemudian. Meskipun sempat mengalami masa-masa suram karena sempat terdegradasi pada tahun 2007, kepiawaiannya dalam melatih Mainz membuat Dortmund jatuh hati pada tahun 2008.
Kerja keras: Kepiawaian Klopp dalam melatih Mainz berbuah promosi ke divisi teratas Bundesliga pada tahun 2004.

Setelah dua musim meningkatkan performa Borussia Dortmund dengan menempatkan tim berada di 6 besar, Klopp selanjutnya memenangkan gelar Bundesliga dua musim beruntun pada musim 2010-2011 dan 2011-2012.
Dortmund menjadi salah satu tim paling ditakuti di Eropa kala itu. Puncak kesuksesan Klopp di pentas Eropa kemudian terwujud kala mereka berhasil melangkah ke final Liga Champions tahun 2013. Namun dia gagal membawa pulang trofi karena Bayer Munchen berhasil mengalahkannya.
Klopp adalah sosok yang sangat populer. Setelah cukup lama berjuang bersama Dortmund, pada akhir musim 2014-2015 dia memutuskan untuk meninggalkan Dortmund dan melanjutkan petualangan ke Liverpool. Dia berlabuh menuju Liverpool untuk menggantikan Brendan Rodgers yang mundur pada Oktober 2015. 
Pada musim pertamanya Klopp mampu membawa Liverpool tampil di final Piala Liga dan Liga Eropa sekaligus memikat hati para fans Liverpool. Sayang di kedua partai puncak tersebut tidak ada satu trofipun yang berhasil dibawa pulang ke Anfield.
Sedikit demi sedikit Klopp terus membangun Liverpool menjadi tim yang atraktif, menarik perhatian dan enak untuk ditonton seperti mereka telah mengarungi Liga Champions musim ini.
Back to Back: Setelah sukses membawa Dortmund menjadi juara 2 musim beruntun pada tahun 2010-2011 dan 2011-2012, Klopp memutuskan hijrah ke Inggris pada tahun 2015

KOLEKSI MEDALI
Sebagai pemain, Zidane dua kali memenangkan Serie A bersama Juventus dan memenangkan La Liga bersama Real Madrid pada tahun 2003. Setahun sebelumnya, raksasa Spanyol itu berhasil mengangkat trofi Liga Champions dan menyandingkannya dengan Piala Interkontinental.
Di pentas internasional bersama timnas Prancis, dia menginspirasi Prancis menuju kejayaan Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa tahun 2000.
Zidane merupakan pemenang Ballon d'Or pada tahun 1998 dan dinobatkan sebagai pemarin terbaik dunia FIFA sebanyak tiga kali pada tahun 1998, 2000, dan 2003.
Kesuksesan telah mengikutinya pula sebagai pelatih dengan dua keberhasilan back to back Liga Champions dan Piala Dunia Antar Klub serta gelar La Liga 12 bulan silam.
Klopp tidak memenangkan trofi sebanyak Zidane sebagai pemain, namun secara menyeluruh Klopp berhasil mengantarkan Mainz promosi ke Bundesliga pada tahun 2004 dan merebut gelar Bundesliga bersama Dortmund pada musim 2010-2011 dan 2011-2012 serta Piala Liga Jerman tahun 2012. Tentunya para fans Liverpool menanti perak pertama di tim.
Pahlawan: Zinedine Zidane berhasil membawa Prancis menjadi kampiun Piala Dunia 1998 dengan melesakkan 2 gol untuk mengalahkan Brasil dengan skor 3-0.

KIPRAH KOMPETISI EROPA
Rekor Eropa Zidane sebagai pelatih Real Madrid sangat bagus. Dua kali mengangkat gelar Liga Champions dan keberhasilan hat-trick gelar akan segera terjadi. Zidane telah membawa Real Madrid dalam 9 pertandingan knockout Liga Champions ditambah 2 laga final sekaligus raihan 100 persen juara Liga Champions.
Jalan mereka menuju final musim ini dapat dikatakan paling berat karena harus bertemu dengan PSG, Juventus, dan Bayern namun Real Madrid berhasil lolos.
Zidane menjadi pelatih paling meyakinkan untuk menegaskan kembali dominasi dan mental juara Real Madrid di pentas Liga Champions.
Partai Berat: Zidane mendampingi Real Madrid saat meladeni Bayern Munchen di partai leg II semi final Liga Champions musim ini

Liverpool adalah klub yang patut berbangga dengan prestasi mereka di Eropa dan Klopp telah memulai kembali kejayaan lama mereka di era modern.
Musim pertamanya berhasil membawa Liverpool menuju partai puncak Europa League. Berhasil mengalahkan Dortmund dan Villareal dalam perjalanan menuju puncak, namun dia gagal di final karena kalah 3-1 melawan Sevilla.
Setelah berjuang di final Europa League musim lalu, kini mereka kembali dengan ambisi yang lebih besar untuk juara di partai puncak Liga Champions. Liverpool meraih kemenangan gemilang melawan Porto dan Manchester City serta yang terbaru berhasil menjinakkan Serigala Roma.

GAYA BERMAIN
Zidane jelas berpegang teguh pada tradisi agung Real Madrid, permainan bola-bola panjang dan sepak bola menjadi hal yang sangat dinikmati para fans.
Dengan tim bertabur bintang, dan permainan menawan Cristiano Ronaldo, Real Madrid memiliki kemampuan untuk meruntuhkan sebagian besar tim. 
Zidane telah berhasil memadukan nama-nama besar macam Ronaldo, Bale, Benzema, Modric, hingga Toni Kroos serta talenta yang sedang naik daun seperti Asensio dan Isco.
Namun, lubang di lini pertahanan Real Madrid hingga kini masih belum bisa dibenahi. Kekalahan 3-1 dari Juventus di leg II perempat final dan 2 gol Bayer Munchen ke gawang Keylor Navas di semi final adalah bukti lemahnya lini pertahanan mereka.
Haus gol: Bersama Cristiano Ronaldo, Zidane memiliki barisan penyerang paling mematikan dalam sejarah kompitisi


Gaya permainan Liverpool dengan instensitas tinggi bersama Klopp telah lama mendapatkan pujian. Dia telah membentuk Liverpool menjadi mesing penyerang yang dirawat dengan sangat baik.
Tiga pemain depan Mohammed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino benar-benar hampir tidak pernah dimainkan musim ini. Mereka telah mencetak banyak gol dan mampu untuk menghancurkan pertahanan lawan.
Peningkatan terbesar musim ini datang dari sektor pertahanan. Mereka mendatangkan Virgil van Dijk pada Januari lalu.
Andalan tim: Mohammed Salah menjadi nafas Liverpool sejak didatangkan dari AS Roma pada musim panas lalu

KEPRIBADIAN
Zidane adalah sosok yang sempurna dan terus berusaha mendorong timnya menuju tingkatan yang lebih tinggi. Dia jarang terlihat tersenyum kala mendampingi tim asuhannya berlaga dari pinggir lapangan. Dia selalu fokus untuk melihat dan mengarahkan para pemain sepanjang pertandingan. Namun ada sisi yang lebih tenang, yakni saat menjalani pemusatan latihan. Dimana dia selalu menularkan bakatnya kepada para pemain.
Fokus: Zidane selalu mengamati dan memberikan arahan kepada para pemain dalam setiap laga untuk meraih kemenangan

Klopp adalah sosok yang kini sangat dicintai oleh fans Liverpool. Wajahnya penuh dengan senyuman dan kadang canda tawa. Dia orang yang ceria dan penuh dengan pengalaman yang selalu dipertimbangkan dengan baik dalam hal apapun. Klopp adalah salah satu pelatih populer.
Andai Klopp mampu meraih medali tertinggi di final nanti, dipastikan dia akan menjadi legenda Liverpool selamanya.
Berkarisma: Sikap dan pencapaiannya saat ini menjadikan Klopp dicintai para pemain, staf, dan fans Liverpool.


Maka patut kita nantikan pertemuan dua pelatih yang sama-sama memulai karir dari pemain sepak bola. Dua pelatih yang menjadi legenda di klub masing-masing. Zidane yang ingin mempertahankan kejayaan Real Madrid di kancah Eropa bahkan dunia. Sedangkan Klopp ingin merasakan indahnya mengangkat trofi Liga Champions untuk pertama kalinya serta meruntuhkan dominasi Real Madrid.
Stadion Kiev NSC Olimpiyskiy akan menjadi saksi bisu pertarungan antara dua raksasa Eropa yang akan berlangsung pada tanggal 26 Mei 2018 mendatang. Dua kekuatan dari negara yang berbeda, Spanyol dan Inggris.
Share:

1 comment:

ARCHIEV

VISITORS

free counters

FRIENDS

Blog Archive