MENANTI "ERA BARU" EL REAL BERSAMA LOPETEGUI

ladangbelajar-Assalaamu'alaikum Wr. Wb teman-teman sekalian. Kali ini saya mengeluarkan "unek-unek" tentang Real Madrid di musim ini. seperti yang sudah kita ketahui ya, beberapa menyebutkan mereka memasuki era baru. Kenapa?? karena pertama Ronaldo sudah pergi, pelatihnya bukan lagi Zidane, Curtois datang dan akan mengambil posisi Navas, serta pemain muda penuh talenta didatangkan. Jadi, ada empat hal yang ingin saya bicarakan disini.
1. Efek kepergian CR7 Setelah tarik ulur tentang perpindahannya dari Real Madrid, akhirnya bintang Portugal resmi meninggalkan klub ibu kota Spanyol dan hijrah ke Juventus. Kepastian ini tentu membuat sebagian orang kaget karena awal isu kepergiannya santer diberitakan ke klub yang membesarkan namanya, MU. Kenapa dia pergi? Kepergian Zidane bisa menjadi alasan dirinya meninggalkan klub yang dibelanya selama 9 tahun tersebut. Namun isu yang paling kuat adalah karena perselisihan CR7 dengan sang presiden klub, Florentino Perez.
Kepergian Ronaldo m…

MEMBERI KESAKSIAN KEBAIKAN JENASAH SEMASA HIDUPNYA

Gambar terkait
🌴🌹📚🌹📚🌹🌴
Tanya Jawab
Bersama
Ust Junaidi Sahal
================
Memberi Kesaksian Kebaikan Jenasah Semasa Hidupnya
================
🌹➰➰➰➰➰➰🌹
(www.dar-alkayyis.com)
Fanpage UJ:
https://m.facebook.com/UstadzJunaidiSahal
❤➰➰➰➰➰❤


🍁 TANYA 🍁

Assalamu'alaikum
Ustadz,
Saya mau tanya...di kampung saya jk ada orang yg meninggal trus mau di makamkan...dan yg memberi ceramah itu memberikan kesaksian...misal yg meninggal itu namanya si A...trus penceramah itu. Bertanya Si A dalam hidupnya baik apa baik...??? Trus orang2 di sekitar menjawab baik...padahal orang meninggal tersebut di masa hidupnya perbuatannya bisa di katakan tidak baik...???

Nah yg saya tanyakan itu apa kita berdosa klo kita ikut jawab baik padahal orang tsb pada masa hidupnya tidak perlakuannya tidak baik...berarti kesaksian kita kan palsu karna menjawab baik..
Makasih ustdz...🙏🙏


📚 JAWAB

Wa alaikum Salam warohmatullohi wabarokatuh..

بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

Tradisi pidato seseorang terkait jenazah yang sudah dikuburkan yang biasa terjadi dimasyrakat, dimna yg berpidato itu menanyakan persaksian kebaikan si mayyit kepada yang hadir di kuburan. Tradisi tersebut berdasarkan hadis;

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, beliau menceritakan;

Suatu ketika para sahabat melihat seorang jenazah yang diangkat menuju pemakamannya. Merekapun memuji jenazah ini. Kemudian Nabi صلي الله عليه و سلم bersabda,

وَجَبَتْ، وَجَبَتْ، وَجَبَتْ
”Wajib.., wajib.., wajib.”

Tidak berselang lama, lewat jenazah lain. Kemudian para sahabat langsung mencelanya.

Seketika, Rasulullah صلي الله عليه و سلم bersabda,

وَجَبَتْ، وَجَبَتْ، وَجَبَتْ
”Wajib.., wajib.., wajib.”

Umarpun keheranan dan bertanya,
”Apanya yang wajib?”

Jawab Nabi صلي الله عليه و سلم,

هَذَا أَثْنَيْتُمْ عَلَيْهِ خَيْرًا، فَوَجَبَتْ لَهُ الجَنَّةُ، وَهَذَا أَثْنَيْتُمْ عَلَيْهِ شَرًّا، فَوَجَبَتْ لَهُ النَّارُ، أَنْتُمْ شُهَدَاءُ اللَّهِ فِي الأَرْضِ

”Jenazah pertama kalian puji dengan kebaikan, maka dia berhak mendapat surga. Jenazah kedua kalian cela, maka dia berhak mandapat neraka. Kalian adalah saksi Allah di muka bumi.”
(HR. Bukhari 1367 & Muslim 949).

So... ternyata persaksian itu berpengaruh kepada si mayyit. Krn itu persaksiannya harus dari hati yang jujur, tidak blh bohong. Krn kalau berbohong , tidak akan berefek kepada si mayyit. Dan yang berbohong dosa.
Ahsan kalau mmg mayyitnya tidak baik, ketika ditanya persaksiannya lebih baik diam aja..

Wallohu 'alam
☘☘☘☘☘☘☘☘☘
YA ALLOH......
JADIKAN KAMI AL KAYYIS
🍁🍃🍂🍃🍂🍃🍂🍃🍁
Menebar Dakwah Meraih Berkah

Bank Mandiri :
142-00-1656066-5
a.n. Seger Suprapto
QQ. MT Dar Al Kayyis

BSM no.rek: 7086895662
a.n.Ainurrofiq .QQ. Dar alKayyis

Komentar