Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

PAHALA CLONING MEMBERI BUKA PUASA

Hasil gambar untuk memberi buka puasa
๐ŸŒด๐Ÿ•Œ๐Ÿ“š๐Ÿ•Œ๐Ÿ“š๐Ÿ•Œ๐ŸŒด
Kajian Fiqih Puasa
    Bersama
       Ust Junaidi Sahal 
================
Kajian 12-"Pahala Cloning Memberi buka Puasa"
================
๐ŸŒน➰➰➰➰➰➰๐ŸŒน
(www.dar-alkayyis.com)
Fanpage UJ:
https://m.facebook.com/UstadzJunaidiSahal
❤➰➰➰➰➰❤
๐Ÿ TANYA ๐Ÿ

 Assalamualaikum
Ustadz Junaidi,  saya mau nanya
soal memberi buka puasa.  Kalo kita ikut nyumbang buka puasa misal nasi bungkus di satu forum tapi ternyata yg puasa berbuka puasanya minum aqua atau makan kurma.Nasi bungkusnya dimakan setelah sholat.  Apakah  qta dapat keutamaan pahala memberi orang berbuka puasa?

๐Ÿ“š JAWAB

Wa alaikum Salam warohmatullohi wabarokatuh..

 ุจِุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ

Ya in syaa Allah masih dapat pahalanya, karena mereka masih membutuhkan makan nasi bungkus itu. Dan bukan kah yang memberi sudah berniat, nah niat itu sudah dihitung berpahala .

Mengenai memberi buka kepada orang yang berpuasa ini sedikit ada tulisan sy tentang itu.
⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

MEMBERI BUKA ATAU TA'JIL ORANG YANG PUASA
Oleh ; M JUNAIDI SAHAL

ู…َู†ْ ูَุทَّุฑَ ุตَุงุฆِู…ًุง ูƒَุงู†َ ู„َู‡ُ ู…ِุซْู„ُ ุฃَุฌْุฑِู‡ِ ุบَูŠْุฑَ ุฃَู†َّู‡ُ ู„ุงَ ูŠَู†ْู‚ُุตُ ู…ِู†ْ ุฃَุฌْุฑِ ุงู„ุตَّุงุฆِู…ِ ุดَูŠْุฆًุง
“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”
[At Tirmidzi, Ibn Hibban dan Ahmad]

Dari hadis diatas dapat dipahami sbb;
1⃣Pemberian Ta'jil itu hanya kepada orang yang berpuasa.
2⃣Pemberi Ta'jil mendapat pahala yang sama dengan pahala puasa orang yang berbuka dari ta'jil tsb. Jika yg berbuka tsb selama puasa mengaji, membaca Al Quran,& beramal sholih lainnya, maka pemberi ta'jil itu akan mendapatkan atau mencloning pahala kesalehan orang yg puasa yg telah diberi ta'jil tsb.
3⃣Apalagi ketika berbuka, orang yg diberi ta'jil tsb turut memdoakan sang pemberi ta'jil. Bukankah doa orang yang berbuka dari puasanya sangat Mustajab;

ุซَู„ุงَุซَุฉٌ ู„ุงَ ุชُุฑَุฏُّ ุฏَุนْูˆَุชُู‡ُู…ُ ุงู„ุฅِู…َุงู…ُ ุงู„ْุนَุงุฏِู„ُ ูˆَุงู„ุตَّุงุฆِู…ُ ุญِูŠู†َ ูŠُูْุทِุฑُ ูˆَุฏَุนْูˆَุฉُ ุงู„ْู…َุธْู„ُูˆู…ِ
“Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terdzolimi.”
[At Tirmidzi dan Ibn Hibban]

Ketika berbuka adalah waktu terkabulnya do’a karena ketika itu orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri
[Lihat Tuhfatul Ahwadzi, 7/194.]

So... Afdlolnya, pemberian ta'jil itu tidak hanya dilakukan dipinggir-pinggir jalan,Kpd org2 yg tdk diketahui puasa atau tdk..
Jika puasa ya dapat pahala yg seperti hadis diatas(pahala cloning dan pahala sedekah), kalau tdk puasa ya hanya dapat pahala sedekah aja..
Afdlol pemberian ta'jil itu diberikan kepada majlis ta'lim yang lagi mengadakan pengajian, & masjid2.. Itu lebh besar pahalanya.
Coba bayangkan... Ketika memberi ta'jil kpd seorg ustad, yg lg berpuasa, berceramah, ngejuz Al Quran, mengkaji tafsirnya dan menghatamkannya... Itu semua pahalanya dicloning atau di copas utk org yg memberi ta'jil, dan hebatnya, tidak mengurangi sedikitpun pahala yg dimiliki sang Ust...๐Ÿ˜ณ๐Ÿ˜‡
Yuk berbagi ta'jil yg tepat...

Wallohu Alam
☘☘☘☘☘☘☘☘☘
YA ALLOH......
JADIKAN KAMI AL KAYYIS
๐Ÿ๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ
Menebar Dakwah Meraih Berkah

Bank Mandiri :
142-00-1656066-5
a.n. Seger Suprapto
QQ.  MT Dar Al Kayyis

BSM no.rek: 7086895662
a.n.Ainurrofiq .QQ. Dar alKayyis
Share:

0 komentar:

Post a Comment

ARCHIEV

VISITORS

free counters

FRIENDS

Blog Archive