Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

MELACAK LOKASI IP

ladangbelajar-Assalaamu'alaikum Wr Wb. Selamat pagi teman-teman. Kali ini saya akan menulis sebuah artikel mengenai teknologi informasi. 
Baru-baru ini saya baru tahu bagaimana cara melacak lokasi IP seseorang. Jadi melacak dimanakah asal tempat atau negara IP tersebut.
Namun, apa itu IP? Menurut Wikipedia, IP adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet.
Nah, cara melacak yang akan saya bagikan ini berbasis internet. Jadi ada beberapa situs pencari IP yang bisa jadi pilihan teman-teman.
Informasi yang tercantum dalam aplikasi pencari IP ini memuat asal negara, koordinat (latitude), provider (ISP), dll karena setiap website memiliki metode yang berbeda-beda. Ada yang menampilkan lengkap dengan peta namun ada juga yang berbasis teks dalam tabel saja.

Yuk kita simak berikut website untuk mencari lokasi IP yang bisa teman-teman gunakan:

1. InfoSniper
InfoSniper memiliki beberapa cuplikan informasi dalam tampilan lokasi alamat IP. Tools ini salahsatu pilihan Google Maps, Microsoft Maps atau Yahoo Maps untuk menunjukkan lokasi. Teman-teman juga mengetahui asal negara, negara bagian/county, garis lintang/bujur, nama host, penyedia, dll seperti area atau kode pos terkadang tersedia.


2. IP2Location
IP2Location
IP2Location memberikan informasi yang dikumpulkan tidak begitu komprehensif namun akan memberi dasar-dasar seperti asal negara, penyedia layanan, kecepatan jaringan, kemungkinan area, dan kode operator.
Juga menampilkan cuaca dan detil kota dan ISP.



3. Geobytes IP Address Locator
Geobytes IP Address LocatorAda cukup banyak informasi menarik di Geobytes. MEskipun tidak melacak alamat IP lokasi hingga tingkat kota tempat IP tersebut berada karena hanya sejauh lokasi ISP.
Teman-teman akan mendapatkan data berupa peta Google namun data yang ditunjukkan terbatas. 
Menampilkan pula data bendera, zona waktu, populasi negara, mata uang, kebangsaan, dan referensi Peta CIA yang cukup aneh.








4. MaxMind GeoOP
MaxMind GeoIPMaxMind GeoIP merupakan alat pencari IP yang sangat sederhana dan dapat turun sejauh kota tempat IP berasal.
Tidak ada detil yang sangat rinci selain ISP dan organisasi, koordinat, domain, dan kemungkinan kode lokasi.
Dalam versi demo, teman-teman dapat memasukkan hingga 25 alamat yang dipisahkan koma ke dalam kotak sekaligus.


5. IP Tracer
IP TracerIP Tracer berasal dari ip-address.com yang dapat menulusuri sampai ke kota asal IP. Memberikan informasi seperti koordinat garis bujur dan lintang serta peta Google.
IP Tracer juga menampilkan alamat ISP, organisasi, dan host.







6. IP Tracker's Lookup Tool
IP Tracker's Lookup ToolAlat pencarian yang ini akan memberi teman-teman banyak detil tentang alamat IP. Dimana negara asalnya, termasuk kota/kabupaten.
Teman-teman juga bakal mendapatkan 3 set koordinat lintang/bujur yang berbeda untuk kota, negara dan bahkan benua. Menampilkan bahasa yang digunakan, alamat IP, kecepatan koneksi, mata uang lokal, dan kode telepon IDD.



7. What Is My Address
What Is My IP AddressTools yang satu ini menampilkan rincian tentang kota asal IP dengan rapi dan mudah dibaca.
Teman-teman juga mendapatkan tampilan peta yang disediakan oleh Mapquest, koordinat, lokasi host, detil ISP dan organisasi.
Pemeriksaan blacklist IP juga tersedia pada tools ini yang terdaftar dengan 80 basis data anti-spam berbasis DNS.

























Demikianlah artikel ini saya tulis untuk memudahkan teman-teman dalam mencari lokasi IP. Teman-teman bebas mau pilih yang mana. 
Terima kasih atas waktu dan perhatiannya, Wassalaamu'alaikum Wr Wb.

Sumber:
  • Wikipedia
  • https://www.raymond.cc/blog/6-free-websites-to-map-ip-addresses-to-geographical-locations/
Share:

1 comment:

ARCHIEV

VISITORS

free counters

FRIENDS

Blog Archive