Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

PENGALAMAN PERTAMA "MAJU SEMINAR HASIL SKRIPSI"

Hai! Kali ini saya akan menulis tentang pengalaman ke dua di skripsi, yaitu Seminar Hasil. Apa itu? Seminar hasil merupkan tahapan kedua dari 3 tahap prosedur pengajuan sidang skripsi. Jadi, kemarin kan sudah saya jelaskan mengenai Sidang Proposal. Anggap saja itu adalah tahapa pertama. Di Seminar Hasil kemarin, proses yang saya lalui jauh lebih mudah dari pada Seminar Proposal. Intinya ya sama, saya menyajikan skripsi saya kepada dosen pembimbing dan penguji.  Namun, skripsi yang saya kerjakan
sudah 60 %.

Sebenarnya, teman-teman saya banyak sekali yang kaget. Lho kok saya bisa menyusul teman-teman yang maju Seminar Proposal. Keren dah. Kebut semalam suntuk buat ngejar ni Seminar Hasil. Saat proses seminar pun, dosen penguji 1 orang tidak ada yang bisa hadir. Terpaksa dosen pembimbing saya mencarikan dosen pengganti. Akhirnya terpilihlah dosen penguji dari bidang minat lain. Dua dosen penguji dan dua dosen pembimbing siap menerima presentasi skripsi saya.

Kira-kira 20 menit saya presentasi, akhirnya selesai juga. Kini masuk proses tanya jawab antara saya dengan dosen penguji. Biasanya saat-saat yang seperti ini bisa membuat mental mahasiswa down jika tidak bisa menjawab pertanyaan yang dilayangkan. Namun, fakta berkata lain. Pertanyaan? Saya kaget melihat dosen penguji tidak ada yang tanya atau kebingungan. Alhasil, tidak ada revisi sama sekali saat itu. Kalau dilihat dari wajah beliau-beliau, sepertinya sudah paham dengan apa yang akan saya kerjakan.

Oke, tidak ada revisi dan siap untuk menuju sidang yang merupakan tahapan terakhir dalam penyelesaian skripsi. Yah, meski tampil paling akhir, terkendala jadwal molor (ditinggal rapat sama dosen-dosen), dan susah mencari dosen penguji, namun semuanya berjalan jauh lebih baik. Alhamdulillah doa saya terkabulkan dan Allah SWT memberikan lebih. :-)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

ARCHIEV

VISITORS

free counters

FRIENDS

Blog Archive