Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

BEBERAPA HAL YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH INSTALL UBUNTU

Jika Anda sudah selesai menginstall UBUNTU (terserah versi berapa), Anda tidak bisa langsung menggunakannya begiu saja. Bisa, namun terbatas, ingin mendengarkan lagu atau menonton video tidak bisa sebelum Anda melakukan langkah-langkah seperti dibawah ini:

1. Memilih mirror dan repository penting
     Ini merupakan langkah awal yang harus
Anda lakukan sebelum beranjak ke langkah yang lebih jauh. Caranya tekan "ALT+F2" pada keyboard, kemudian ketika kotak pengisian sudah aktif, isikan dengan "software-properties-gtk", lalu tekan Enter. Setelah jendela Software Sources muncul, pilih menu bar Ubuntu Software, klik Main server, Other, dan pilih Indonesia. Tekan tanda + untuk melihat daftar repository, saya di sini memili kambing.ui.ac.id. Setelah itu, klik Choose server. Jika sudah klik tombol close.

2. Ceck update and upgrade
Langkah kedua kita adalah melakukan update dan upgrade. Buka terminal ubuntu, cara cepatnya tekan Ctrl+Alt+T. Jika selesai, ubah status Anda menjadi root, tuliskan perintah "sudo su" pada terminal dan masukkan password jika diminta. setelah itu, berikan perintah "sudo apt-get update", tekan Enter. Tunggu hingga proses yang cukup lama ini selesai. Setelah selesai, berikan perintah lagi "sudo apt-get upgrade". Tunggu lagi hingga proses selesai. Jika sudah, keluar dari terminal.

3. Menginstall codec untuk memutar music, video, dan plugin flash
Ini nih yang paling sering dilakukan pengguna komputer pada umumnya, yakni melihat film atau mendengarkan musik. Memang ketika pertama kali Anda menginstall linux, kita tidak bisa langsung mendengarkan musik atau melihat video. Cara menginstallnya:
Masuk terminal lagi, kemudian ketikkan perintah seperti di bawah ini:

sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras adobe-flashplugin
adobe-flash-properties-gtk

4. Menginstall Java
Jika kalian sering menggunakan aplikasi-aplikasi berbasis Java, maka kalian harus menginstal Java Runtime Environment (JRE) dengan mengetik perintah berikut:

sudo apt-get install openjdk-7-jre

5.Install GIMP
Di dalam OS Windows, Anda pasti sudah tidak asing mendengar kata Adobe Photoshop. Namun, di Linux Anda akan susah menemukannya, Anda nantinya akan diperkenalkan dengan software pengolah grafis free  yang bernama GNU GIMP. Lalu, gimana cara menginstallnya?? Masuk ke terminal lagi, dan berikan perintah 

sudo apt-get install gimp

tekan Enter, dan masukkan password jika diminta. Kemudian tunggu hingga proses selesai. Lalu keluar dai terminal.


6.  Install Synaptic Package Manager
Synaptiic merupakan jalan lain selain menggunakan terminal untuk menginstall aplikasi, di sini saya hanya ingin memberikan cara menginstall Synaptic, masalah menginstalll aplikasi dari Synaptic, kita bahas di materi berikutnya. Begini cara menginstallnya, Masuk ke terminal terlebih dahulu, kemudia berikan perintah:

sudo apt-get install synaptic

7. Install Gnome Sushi
Jika Anda belum puas dengan tampilan Ubuntu saat ini, Anda bisa menambahkan Gnome untuk lebih mempercantik tampilan Ubuntu. Di sini saya menawarka kepada Anda Gnome Sushi, caranya berikan perintah seperti dibawah ini:

sudo apt-get install gnome-sushi

Share:

0 komentar:

Post a Comment

ARCHIEV

VISITORS

free counters

FRIENDS

Blog Archive