Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

TIPS MENGATASI BIBIR PECAH-PECAH SELAMA BERPUASA

   Cara Mencegah Bibir Kering. Bibir pecah-pecah dan kering sering dialami oleh sebagian orang yang tinggal di kota dengan udara dingin, seperti menghabiskan banyak waktu di tempat ber-AC.
   Untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, Anda tidak usah khawatir karena DB akan berbagi tips ampuh cara mengatasi bibir kering yang sangat sayang jika Anda lewatkan.
Berikut adalah Tipsnya:

Banyak minum
   Anda pasti sudah tahu bahwa kita harus minum setidaknya delapan gelas air putih setiap hari, kan?
Bibir yang kering adalah salah satu cara tubuh memberi sinyal bahwa
ia kekurangan cairan. Jadi, jangan hanya melembabkan dari luar (dengan cara mengoles lip balm), tapi lembabkan juga dari dalam dengan bantuan air mineral.

Ritual sebelum tidur
   Jangan hanya menggosok gigi, mencuci muka, dan memakai pelembab sebelum tidur. Agar bibir tetap sehat, indah, dan terhindar dari kekeringan, biasakan melakukan ritual ini setiap malam sebelum tidur. Ambil handuk kecil, dan basahi dengan air hangat. Lalu gosokkan handuk basah tersebut perlahan-lahan pada bibir untuk mengelupas kulit mati penyebab bibir pecah-pecah. Setelah terasa halus, oleskan pelembab bibir. Pelembab ini akan bekerja menutrisi bibir selama kita tidur.

Selalu sedia lip balm
   Jangan pernah tinggalkan lip balm alias pelembab bibir. Bawalah ke mana pun Anda pergi, dan oleskan ke bibir dan sekitarnya saat sudah mulai terasa kering. Pelembab bibir yang paling baik adalah yang mengandung beeswax, shea butter, dan SPF untuk melindungi bibir dari paparan sinar matahari.

Jangan menjilat bibir
   Air liur menguap denga cepat dari bibir, dan ini akan menyebabkan bibir kita menjadi semakin kering. Jika Anda memiliki kebiasaan menjilat bibir, hindari penggunaan lipbalm rasa buah. Pilihlah yang pahit agar Anda tak tergoda.
Mudah-mudahan sedikit artikel kesehatan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, dan jangan lupa kenali penyebab sariawan dan cara mengatasinya.

Pengelupasan Kulit Bibir
   Minimal seminggu sekali Anda harus mengelupaskan kulit mati di bibir. Caranya, basahi bibir dengan air hangat lalu gosok bibir dengan sikat gigi berbulu lembut. Lakukan perlahan agar tidak melukai bibir. Lebih baik lagi menggunakan produk pengelupas untuk bibir. Biasanya berbentuk seperti lipbalm. Kulit mati dan kulit kering akan lebih mudah terekelupas.

Hindari Makan Pedas dan Asin
   Saat berbuka puasa dan sahur hindari makanan pedas dan terlalu asin. Kedua jenis makanan ini dapat menyebabkan bibir dan mulut kering. Selain itu mengonsumsi makanan asin dan pedas membuat Anda cepat haus.

Madu
   Madu merupakan cara alami untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Selain dikonsumsi, Anda dapat mengoleskannya pada bibir. Masalahnya Anda tidak bisa mengoleskan bibir di tengah hari. Oleskan madu menjelang tidur. Saat sahur, minumlah madu sebanyak tiga sendok makan. Selain dapat mencegah bibir kering, madu juga memberikan Anda kekuatan selama berpuasa.

Sumber: duniabaca.com/tips-mengatasi-bibir-kering-dan-pecah-pecah.html


Share:

0 komentar:

Post a Comment

ARCHIEV

VISITORS

free counters

FRIENDS

Blog Archive