Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

APA FUNGSI DARI TOMBOL RECOVERY PADA LAPTOP LENOVO???

Halo semua! Nimbrung lagi di ladang belajar. Kali ini saya ingin berbagi mengenai..... ya pokoknya mengenai hal yang belum saya ketahui untuk saya bagikan ke rekan-rekan semua.

Perhatikan gambar disamping, yang saya fokuskan adalah tombol kecil yan terletak pada tombol power. Tahukah Anda tombol apa itu? Yang mempunyai laptop merk lenovo seharusnya sudah tahu apa fungsi dari tombol tersebut.


Ya! Itu adalah tombol recovery. Menurut penjelasan yang saya dapatkan sih, itu tombol digunakan untuk mereset sistem kita ke sistem semula. Jadi bila mana laptop rekan-rekan ada trouble gitu, tekan tombol itu saja. Tapi saya probadi juga belum pernah coba sih. Juga itu tombol memang piranti tambahan dari produk lenovo yang didisain khusus buat lenovo.
Ok, untuk lebih jelasnya, bisa Anda artikel di bawah ini.

OneKey, atau juga dikenal dengan istilah OneKey Recovery, adalah sistem yang dikembangkan dan ditanamkan Lenovo ke dalam laptop buatanya yang berguna untuk keperluan pengembalian sistem seperti kondisi semula saat pertama kali dibeli(atau biasa disebut recovery).

Mungkin para DOers sering bertanya-tanya mengapa kapasitas hard disk dari laptop Lenovo sering tidak seperti yang tertera di spesifikasi. Hal ini ada hubungannya dengan OneKey Recovery tadi. Pada settingan default, Lenovo membagi partisi hard disk yang terinstall menjadi tiga. Seberapa besar pembagian tiga partisi ini bisa dilihat menggunakan Disk Management yang sudah ada di Windows. Cara mengaksesnya adalah jalankan Control Panel -> Management Tools -> Computer Management -> Disk Management.

Penjelasan tiap partisi tersebut adalah sebagai berikut :

1. Drive dengan ukuran yang kecil (biasanya C) berisi Windows dan beberapa software bawaan yang sudah terpasang dari pabrik. Ukuran dari partisi drive ini tidak boleh diubah agar OneKey recovery bisa berjalan.

2. Drive yang berukuran lebih besar (biasanya D) berguna untuk menyimpan data-data seperti gambar, musik, video, serta lainnya.

3. Terakhir, Service Partition. Partisi ini tidak terlihat karena memang tidak dialokasikan dengan simbol huruf. Namun partisi ini digunakan oleh OneKey recovery untuk membackup dan mengembalikan partisi dari C. Biasanya partisi ini memakan space sekitar 18GB hingga 20GB. Partisi ini tidak boleh dihapus karena jika dihapus maka OneKey recovery tidak akan bekerja sama sekali.

Keuntungan dari sistem OneKey recovery adalah data pribadi milik DOers tidak akan hilang (selama tersimpan di drive D dan tidak di drive C) ketika sistem operasi Windows mengalami kerusakan. Ini karena OneKey Recovery hanya akan mengembalikan isi dari drive C tanpa menyentuh isi dari drive D yang tetap akan bisa diakses saat sistem kembali beroperasi.

OneKey Recovery ini juga berjalan dengan dua macam mode. Pertama yaitu dari dalam Windows, dengan DOers menjalankan softwarenya langsung. Yang kedua, dengan menekan tombol OneKey yang ada di laptop saat booting(biasanya dekat tombol Power dan memiliki logo seperti simbol rambu U-Turn). Aksi ini akan memanggil software OneKey Recovery dan DOers dapat menggunakannya untuk melakukan backup.

Sumber: http://info-lenovo.com/tips-trick/lenovo-onekey-selamatkan-hari-doers-dengan-satu-tombol/#_
Share:

18 comments:

  1. pelik ya lenovo s110 boleh format sistemnya secara sutomatik....habis semua gambar,music dan file2 penting hilang,,,,notebook itu kembali ke asal seprti sudah diformat

    ReplyDelete
  2. gan ane mo nanya.
    ane punya laptop lenovo g40 tapi ane gak nemuin tuh tombol one key recovery nya.
    emank letak nya dimana sih gan. ?

    trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di dekat colokan cas ,samping kiri pojok ada tombol kecil kayak tadi cicak tapi bulat.

      Delete
  3. untuk lenovo g40 tombol one key letaknya ada di samping sebelah kiri gan.

    ReplyDelete
  4. untuk lenovo g40 tombol one key letaknya ada di samping sebelah kiri gan.

    ReplyDelete
  5. Gan mau nanya nih , leptop saya kan lenovo z470.. Kalo posisi mau dinyalain trs saya pencet tombol power kok cuma ngangkat aja trs mati lagi ,trs saya pencet tombol itu yg kecil sebelah power baru bisa nyala... Biasanya power aja udah nyala.
    Itu karna ada trouble apa gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya saya juga baru beberapa hari begini, apa itu ada trouble atau gimana?

      Delete
  6. maaf saya mau tanya, laptop lenovo ku g40-45, dari beli sudah ada win8 ori nya. tp gara2 kesalah nomer seri nya keganti jadi sekarang tidang ori lagi, apakah dg one key recovery bisa dikembalikan ke win8 original lagi?
    lalu kalau win ori nya diinstal ulang ke win lain kalau pakai one key recovary apakah bisa kembali jga ke sedia kalah , mohon bantuanya. trimakasih

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. punya saya lenovo g400
    masalah di disk usage 100% .
    udah dicoba pake run dst. tp belum bisa dan unt tombol recovery jg tidak berfungsi.mohon solusinya
    terima kasih

    ReplyDelete
  9. gan,laptop ane IP 500s,,mau tanya,partisi bawaan ssd ane c:190gb an,dan yg d:32gb an,,,kalo ane mau partisi ulang,apa OKR nya msh bisa dipakai ? atau emang partisinya harus kaia gitu
    thx gan sebelumnya

    ReplyDelete
  10. mau nanya, kalo sudah terlanjur install OS lain (dvd lain) tanpa menggannggu partisi recovery, apakah saat ditekan tomobol tersebut masih akan berfungsi?
    kalau OS qt asli, berarti saat di recovery akan asli juga? makasih

    ReplyDelete
  11. Kalau pake recovery itu data2nya hilag kah?

    ReplyDelete
  12. Kalau pake recovery itu data2nya hilag kah?

    ReplyDelete
  13. Om tolong yang mengerti difast respon jadi laptop ane blue screen garagara salah settingan bios, apa jika saya pencet tombol recovery itu akan kembali hidup seperti semula? Mohon bantuaanna makasih laptop ane ideapad 110 tolong yaaa

    ReplyDelete

ARCHIEV

VISITORS

free counters

FRIENDS

Blog Archive