Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

MENGENAL APLIKASI KOMPUTER GRAFIK “CODE BLOCKS”


         Pada perkuliahan saya di semester 4 ini, saya kembali menjumpai aplikasi baru dalam dunia informatika, yaitu aplikasi untuk kuliah Komputer Grafik yang bernama Code Blocks. Ya dari pandangan saya pribadi mengenai aplikasi yang satu ini, Code Blocks merupakan aplikasi pemrograman yang menggunakan bahasa C.
     Penggunaan Code Plocks dari yang saya lakukan hingga saat ini, masih sebatas pembuatan objek 2 dimensi saja. Namun, kata dosen saya
sendiri sih, bisa juga digunakan untuk membuat objek 3 dimensi, namun saya belum mempelajarinya. Jadi dalam membentuk setiap sudut dari objek yang kita gambar, kita tinggal menuliskan koordinatnya saja Nantinya, tiap-tiap koordinat satu dengan yang lainnya akan saling berhubungan hingga terbentuklah sebuah objek.
     Saya juga belum pasti tau kenapa untuk membuat objek dua dimensi yang begitu sederhana masih harus ditempuh dengan cara super rumit ini???? Pakai Paint di Windows atau Corel sebenarnya juga bisa. Namun, karena Code Blocks merupakan aplikasi berbasis coding dan program, pastinya Code Blocks lebih dinamis dari pada dua aplikasi tadi.
            Namun, sebelumnya kita harus mensetting Code Blocks dengan plug ins Glut (OpenGL Utility Toolkit), yakni plug ins yang digunakan untuk mendukung kinerja dari Code Blocks, seperti itu yang saya ketahui. Untuk cara install dan settingnya, akan saya jelaksan pada postingan berikutnya.
Share:

1 comment:

  1. Siaapp2..ada pengenalan software untuk KomGraf nih..bisa dipelajari oleh Ane nih..!!

    Thanks Gan artikelnya..!!

    visit me on :
    http://www.kreativitasforall.blogspot.com/

    ReplyDelete

ARCHIEV

VISITORS

free counters

FRIENDS

Blog Archive