Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

PARA AUTOBOTS DALAM FILM TRANSFORMERS

    Sejak awal kali melihat ini film, jujur saya sama sekali tidak menyukainya. Waktu itu ketika saya duduk di kelas 1 SMK. Saya melihat animasi dan cerita film ini sangat membosankan dan tidak ada bedanya dengan film anak-anak pada umumnya. Maklum, dulu saya memang tidak begitu suka film-film Hollywood. 
     Namun, 4 tahun berselang, saya mencoba menyimak kembali film Transformers tersebut, tepatnya Transformers 2: Revenge of the Fallen. Ya, di kisaran tahun 2012 tepatnya, saya mulai kecanduan
dengan dunia film Hollywood. Saya perhatikan secara seksama film Transformers 2 dan ternyata penilaian saya salah besar mengenai film Sains Fiksi ini. Saya benar-benar kecanduan dengan film robot yang satu ini. Animasi robot yang disuguhkan dalam film ini hampir nyata. Berawal dari film inilah saya mulai berburu film transformers lainnya, yaitu Film Transformers 1 dan Transformers 3. 
     Sangking seringnya mellihat film Transformers, membuat saya hafal akan tokoh-tokoh robot yang berperan dalam film tersebut. Mulai dari tokoh baik Autobots, hingga yang paling jahat sekalipun yaitu Decepticons. Oke, berikut di bawah ini saya akan memaparkan kepada teman-teman di sana khususnya yang suka sama Film Transformers ini.

AUTOBOTS.

1. OPTIMUS PRIME 

    Ketika saya pertama kali melihat karakter robot yang satu ini, sudah pasti dia adalah  pemimpin robot dari kelompok Autobots. Keberanian dan kharismanya dalam memimpin kelompoknya membuat saya kagumaaa akan robot yang satu ini. Muncul pertama kali dalam film pertama Transformers, Optimus Prime mengubah dirinya menjadi Mobil Truck berwarna merah-biru. Dia merupakan keturunan terakhir dari Prime, yaitu pemimpin kaum robot di Planet Cybertron sekaligus Prime yang terkecil dibandingakan dengan para pendahulunya.




2. BUMBLE BEE 

    Robot lincah yang mendapatkan tugas untuk melindungi sang tokoh utama, yaitu Sam. Bee hadir dengan warna kuning dan mengubah dirinya menjadi mobil Chevrolet generasi ke-2 berwarna kuning. Namun, Bee berubah lagi menjadi Mobil Chevrolet generasi ke-6 Camaro dikarenakan dia tidak terima ketika dihina oleh Mikaela (Pacar Sam) yang mengatakan bahwa Bee mobil murahan dan tidak mewah. 
 Gerakan Bee ketika bertarung mengingatkan kita pada sosok pesilat legendaris asal Cina, Bruce Lee. Ya, dengan warna kuning yang khas dikenakan oleh Bruce Lee dan gerakan Bee yang lincah keduanya memang tiada bedanya. Pada seri pertama Transformers, kedua kaki Bee sempat patah karena serangan brutal dari Starscream di kawasan perkotaan. Beruntung dia memiliki teman semacam Mikaela yang membantunya dengan menaikkannya ke sebuah truck mini dan sempat mengalahkan salah satu dari anggota Decepticons.



3. IRON HIDE 

    Robot yang satu ini benar-benar keren abis. Ibarat atlet binaraga, dia memiliki badan yang kekar lagi besar meskipun tidak tinggi seperti Optimus. Memiliki banyak sekali macam senjata yang melingkar di sekitar badan dan lengannya hingga dia disebut sebagai ahli senjata Autobots meskipun sejatinya dia bukannlah pembuat senjata. 
    Iron Hide selalu hadir dalam setiap film transformers dengan menggunakan Mini truck GMC Hitam. Ketika pertama kali muncul dalam film, saya sering menilai kalau Iron Hide merupakan robot yang tidak bisa membedakan mana lawan dan kawan. Seringkali dia ingin meledakkan sesuatu dengan menggunakan senjata miliknya. Namun meski demikian dia merupakan robot tangguh. Sayang kehadirannya dalam film ini harus berakhir di tangan Sentinel Prime (Prime sebelum Optimus) di seri film Transformers 3 yang menurut penilaian saya tokoh seperti dia tidak pantas mati seperti demikian.
   Salah satu aksi yang paling saya suka dari Iron Hide yaitu ketika di Seri ke-3 Transformers tepatnya saat dia menabrak 2 mobil robot Decepticons yang datang dari arah berlawanan. Seketika langsung terjadi pertempuran yang dimenangi oleh Iron Hide yang duet dengan Side Swipe.



3. SENTINEL PRIME 

    Saya hampir melupakan tokh yang satu ini kawan. Ya, Sentinel Prime yang merupakan mantan Prime. Sentinel bisa dibilang sebagai guru atau mentornya si Prime yang baru yakni Optimus. Awalnya, Sentinel memihak pada Autobots, namun hasrat duniawi membuat dia berubah menjadi jahat dan memerangi kelomok Autobots. Anehnya, meski menyerang Autobots, Sentinel juga tidak memihak dengan Decepticons pimpinan Megatron. Intinya, dia ingin membangun kembali dunianya yakni Cybertron dan ingin kembali berkuasa seperti dulu.
    Sentinel hadir dalam film di seri Transformers yang ke-3 dengan menggunakan Mobil Pemandam Kebakaran berwarna merah dan memiliki senjata pedang besar. Mengetahui aksi Sentinel yang membahayakan umat manusia, membuat Optimus tidak tinggal diam. Optimus menyatakan menantang Sentinel untuk bertarung. Sentinel akhirnya mati di tangan Optimus dengan menggunakan senjat miliki Megatron yang sebelumnya dibunuh oleh Optimus di pertempuran (Optimus, Sentinel, dan Megatron).



5. RATCHET 

    Robot yang muncul pada film transformers yang pertama ini bisa dikatakan sebagai robot medis dari kelompok Autobots. Bukti nyata ketika dia memperbaiki sistem vokal milik Bumble Bee yang habis bertarung dengan anggota Robot Decepticons. Bahkan dia mampu mendeteksi manusia yang ingin bercinta sekalipun yaitu ketika dia terapkan di Sam dan Mikaela.
     Ratchet hadir denan mobil Hummer berwrna hijau kekuningan dan telah dimodifikasi. Robot yang satu ini memang tidak memiliki kemampuan atau senjata spesial dalam andangan saya. Namun Ratchet selalu hadir dari film pertama hingga terakhir.


6. JAZZ 

    Dibandingkan dengan ukuran robot lainnya ketika pertama kali menampakkan dirinya di hadapan Sam dan Mikaela, Jazz merupakan yang paling kecil ukurannya. Robot yang satu ini memiliki gaya yang mirip dengan pemain musik Rap. Jazz mengubah dirinya menjadi mobil Sedan Porsche mewah berwarna abu-abu. Menurut saya, tidak ada kemampuan spesial dari jazz, namun yang unik dari dia yakni ketika melucuti senjata milik kelompok sector 7 pimpinan agen Simon dengan menggunakan medan magnet di kedua tangannya.
    Aksi Jazz dalam film transformers hanya sampai di film pertama saja. Jazz tewas di tangan pemimpin Dsecepticons, yakni Megatron dengan membelah tubuh Jazz menjadi dua bagian, Sadis.



7. ARCEE TWIN 

    Sosok robot kembar yang hadir di film transformers 2 dalam bentuk motor sport masing-masing berwarna merah dan biru. Hanya sedikit dari aksi dua robot kembar ini, yaitu ketika aksi perburuan Autobots melawan sisa-sisa robot Decepticons dan ketika pertempuran terakhir Autobots dan Decepticon di padang pasir Qatar. Arcee Twin hanya muncul di film transformers 2 saja.







8. MUDFLAP AND SKIDS 
  Film transformers lagi-lagi menyuguhkan robot kembar dalam dalam aksinya. Mereka berdua adalah Mudflaps dengan warna hijau dan Skids dengan warna merah. Jika di amati secara seksama, sebenarnya mereka tidak benar-benar kembar. Namun bentuk dan ukuran dari mereka lah yang menyebabkan mereka kembar secara kasat mata. Bentuk dan jenis mobil yang mereka gunakan pun hampir sama.
     Mudflap dan Skids pertama kali keluar di film transformers 2 ketika Autobots melakukan perburuan terhadap para Deceprticons. Awalnya, warna dan bentuk mereka tidak demikian. Pertama muncul mereka berada dalam satu mobil mini berwana pink. Namun dapat membelah jadi dua bagian dan berubah menjadi robot. Robot ini lebih condong dibilang lucu daripada keren seperti robot Autobots lainnya.
     Keduanya akhirnya mendapatkan tubuh mobil mereka sendiri-sendiri ketika memasuki markas NEST. Si Mudflap memilih mobil warna hijau dan Skids mendapatkan yang merah. Meski tokoh berdua ini tergolong humoris, aksi heroik pernah mereka lakukan, yaitu ketika melawan Devastator, anggota Decepticons yang gabungan dari beberapa robot dan memiliki ukuran super besar yang mampu menghisap apapun di sekitarnya dengan mulut lebarnya. Skids yang waktu terhisap kedalam mulut Devastator, ternyata malah berhasil menghentikan mulut Devastator yang sedang menyerap Skids dan Mudflap. Kedua kombinasi robot kembar ini sangat bagus dalam melawan Devastator meskipun tidak sampai membunuhnya.



9. JETFIRE 

  Salah satu robot Decepticons yang insyaf dan mengabdikan sisa-sisa hidupnya untuk Autobots. Jetfire muncul di film transformers 2 ketika Sam tidak sengaja pecahan allspark yang dia bawa dengan penjepit terpental mengenai tubuh jetfire yang masih dalam bentuk pesawat tempur tua. Pengabdiannya untuk Autobots tidak sia-sia, dalam keadaan kritis setelah bertempur dengan salah satu robot Decepticons di padang pasir Qatar, dia mencabut nyawanya sendiri dengan tujuan memberikan sisa-sisa kekuatannya untuk Optimus  Prime dalam mengahadapi Decepticons. 








10. DINO 
    Robot yang satu ini muncul di film transformers 3 dengan mobil Ferrari merah. Dilengkapi dengan senjata pedang yang melekat di kedua tangannya dan gerakannya yang lincah, banyak yang menyebutnya sebagai robot mata-mata. Namun peranan sebagai mata-mata sama sekali tidak nampak dalam setiap aksinya. Aksi yang menarik dari Dino adalah ketika menangkap satu robot Decepticons di jalan raya dan melakukan ski dengan menggunakan kedua kakinya.









11. WRECKERS 


    Sekolompok anggota baru Autobots yang terdiri dari 3 robot yang semuanya menggunakan mobil Nascar serta dilengkapi dengan senjata berat. Mereka bertiga muncul di Film Transformers 3 di pertempuran akhir. Mereka adalah Roadbuster, Leadfoot & Topspin. Roadbuster mobil nascar berwarna hijau , Leadfoot mobil nascar berwarna merah dan Topspin mobil nascar berwarna biru.









12. SIDESWIPE 


     Robot yang satu benar-benar membuat saya kagum. Menurut pandangan saya, aksi-aksinya lebih keren dibandingkan anggota Autobots lainnya. Sideswipe pertama kali muncul di film transformers 2 ketika Autobots dengan berburu sisa-sisa robot Decepticons. Kemunculan pertama sekaligus menyuguhkan aksi yang sangat memukau. Waktu Arcee Twin tidak sanggup menandingi kecepatan yang dimiliki Side Way (Decepticons), Side Swipe datang menggantikan keduanya dan berhasil membelah Side Way dengan menggunakan pedang yang ia lontarkan ke arah Side Way.
     Aksi menarik lainnya yang dia tunjukkan  adalah ketika berduet dengan Iron Hide dalam menghadapi duo Decepticons di jalan raya. Mendapati serangan dari musuh, Iron Hide yang memiliki badan besar tidak mampu menghindari senjata musuh. Namun Side Swipe yang lincah mampu menghindar sekaligus membelah senjata musuh menjadi dua. Sungguh keren robot yang satu ini, mulai dari wajah, postur, hingga aksi-aksinya. Hampir lupa! SideSwipe muncul dengan menggunakan mobil Chevrolet Corvette silver.


13. WHEELJACK/QUE 

     Kemunculannya hanya sebentar ketika pertempuran akhir. Sosoknya memang pantas jika disebut sebagai professor karena melihat rambut kepalanya yang setengah botak. Selain itu, dialah yang menciptkan perlengkapan perang Autobots. Contohnya seperti bom batangan yang digunakan Sam ketika berhadapan dengan Star Scream. Wheeljack hadir menggunakan mobil mewah dari Jerman, yaitu Audi berwarna biru. Nasib tragis harus diterima Wheeljack, dia haru terbunuh di tangan Barricade dan anggota Decepticons lainnya. 












14. Brains 

      Robot mini setinggi 30 cm ini muncul dalam film Transformers 3. Tidak begitu jelas tugas maupun kemampuan yang dia miliki. Dari segi fisik, Brains hampir menyerupai sosok ahli fisika terkemuka Alber Einstein, rambutnya yang ikal dan mengeluarkan cahaya aneh semakin menguatkan dugaan tersebut. Aksi heroik yang pernah dia lakukan yakni ketika menjatuhkan Cluster (Kapal raksasa Decepticons) bersama Wheelie dengan cara memutus semua kabel-kabel yang ada di dalam tubuh Cluster. Belum tahu pasti mobil seperti apa yang digunakan Brains karena dia sendiri tidak pernah berubah dari tubuh robotnya.


15. Wheelie 

       Awalnya dia adalah mata-mata dari Decepticons yang diutus untuk mengambil pecahan allspark dari Mikaela. Wheelie pertama kali muncul dalam film Transformers 2 dengan menggunakan mobil truck remote berwarna biru. Naif benar nasib Wheelie ketika sedangn menjalankan aksinya menyusup ke bengkel Mikaela, dia malah tertangkap Mikaela dan memasukkan kedalam peti. Merasa tidak berdaya dan tidak ingin hidupnya berakhir sampai situ, di Transformers 3 dia akhirnya menjadi sekutu baru Autobots. Bersama Brains jugalah dia turut andil dalam menjatuhkan Cluster dalam pertempuran terakhir di Transformers 3.
Share:

2 comments:

  1. FYI Dino adalah anak Enzo, dua-duanya adalah pendiri FERRARI, mobil sport mewah asal Italy :) sayang Dino meninggal dalam kecelakaan mobil, Enzo jadi sakit-sakitan dan meninggal tak lama setelahnya. Kini nama mereka diabadikan jadi nama sirkuit Enzo Endino Ferrari, nama Enzo sendiri juga dipakai sebagai Nama Mobil F60 - Ferrari Enzo :)

    ReplyDelete

ARCHIEV

VISITORS

free counters

FRIENDS

Blog Archive