Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

TAHUKAH ANDA APA ITU FIREWALL DAN FUNGSINYA PADA KOMPUTER??

Anda pengguna komputer? Pernahkah Anda mendengar atau melihat istilah "Firewall" pada komputer pribadi Anda? Sebagian dari kita pasti banyak sekali yang belum paham apa itu firewall. Apalagi jika ditanya fungsinya, pasti tambah makin bingung.

Saya pribadi yang menulis artikel ini juga belum tahu mengenai firewall. Setahu saya, firewall itu digunakan sebagai filter antara komputer kita dengan internet atau jaringan luar. Ya misalkan kita terhubung dengan internet, kita browsing, download, dll, maka firewall akan memfilter file-file berbahaya yang bisa masuk ke komputer kita. itu yang saya ketahui dari teman-teman
saya.

Nah, setelah saya membaca artikel di internet. Saya mulai bisa menyimpulkan apa itu firewall. Firewall adalah sebuah perangkat lunak atau software yang mengizinkan akses jaringan yang aman, namun mencegah akses internet yang berbahaya atau tidak aman.

Selain itu, terdapat 2 jenis firewal, antara lain:
1. Personal Firewall, merupakan firewall yang didesain untuk melindungi komputer yang terhubung ke jaringan dari akses yang tidak dikehendaki.
2. Network Firewall, merupakan Firewall yang didesain untuk melindungi jaringan secara total.

Fungsi dari firewall:
  • Mengatur dan mengontrol lalu lintas jaringan
  • Melakukan autentikasi terhadap akses
  • Melindungi sumber daya dalam jaringan privat
  • Mencatat semua kejadian, dan melaporkan kepada administrator

Share:

0 komentar:

Post a Comment

ARCHIEV

VISITORS

free counters

FRIENDS

Blog Archive