Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

TAHUKAH ANDA BAHWA SUSU UNTA MENYIMPAN SEJUMLAH MANFAAT? PART 1


Urgensi Unta dalam Ketahanan Pangan
Pada tahun 1984 M dan 1985 M, Kenya dilanda kekeringan yang mematikan. Saat itu penduduk Kenya hanya mengandalkan sapi untuk mempertahankan hidup.

Padahal, sebagian besar penghuninya sudah banyak yang meninggal, kecuali mereka yang memelihara unta, karena pada musim kemarau susu unta tidak berhenti berproduksi.

Unta pun lalu menjadi penopang ekonomi masa depan. Para ahli pun mulai lebih memperdalam penelitiannya terhadap unta ini. Hal Ini karena terkait dengan manfaatnya yang bisa menjadi makanan cepat saji dan menambah vitalitas.

Rahasia Susu Unta dan Susu dari Hewan Ternak Lainnya
Manusia telah mengenal unta sejak 3.000 tahun sebelum Masehi. Mereka menggunakan unta sebagai alat transportasi dan angkutan. Di samping itu, unta juga dijadikan sebagai sumber gizi yakni dengan meminum susu dan memakan dagingnya.

Jenis unta di seluruh dunia ada dua :

1. Unta yang memiliki satu punuk atau disebut juga unta Arab. 
Unta jenis ini hidup dan berkembang biak di sepanjang padang pasir jazirah Arab, padang pasir Afrika, di kawasan Asia dan lain-lain

2. Unta yang memiliki dua punuk.
Unta jenis ini bisa ditemukan di puncak gunung Himalaya, India dan beberapa tempat lain

Di daerah padang pasir, susu unta dianggap sebagai sumber gizi utama. Bahkan susu jenis ini dianggap sebagai susu yang paling bagus. Susu ini, biasanya dihidangkan ketika masih segar.

Cita rasa susu unta ini cukup beragam. Ada yang sangat manis, tawar, dan asin, padahal yang dimakan unta adalah apa yang diberikan oleh pemiliknya.

Para ahli telah melakukan penelitian terkait dengan susu unta sejak kuartal terakhir abad kedua puluh.

Mereka melakukan penelitian terhadap ratusan unta dari berbagai jenis. Mereka memperhatikan jumlah susu yang diperah dalam sehari, susu yang diperah setelah melahirkan serta kandungan gizinya.

Dan, setelah melakukan berbagai penelitian, para ahli menemukan bahwa susu unta merupakan unsur dasar untuk memperbaiki gizi manusia, baik dari segi jumlah maupun jenisnya.

Kandungan Gizi Susu Unta
Kandungan gizi dalam susu unta bertingkat-tingkat, tergantung pada jeda waktu pemerahan, usia unta, jumlah  anak, jenis makanan yang diberikan dan jumlah air yang diminumnya.

Susu unta dianggap sebagai susu dengan zat alkali (zat kimia yang menetralisir asam) yang tinggi tetapi cepat berubah menjadi asam jika didiamkan beberapa saat Ph nya berubah dari 6,5%-6,7%.

Faktor yang mempercepat perubahan menjadi asam adalah karena bertambahnya asam laktat dari 0,3% setelah 2 jam, menjadi 14% setelah 6 jam. Yang kemudian dikuti oleh perubahan lain seperti kadar airnya berubah dari 84% menjadi 90%. Kandungan lemaknya bertambah sekitar 5,4%. Protein sekitar 3%. Kadar gula sekitar 3,4%. Kadar materi seperti zat besi, kalsium, fosfor, fotasium dan magnesium, sekitar 0,7%. Kandungan ini berbeda-beda tergantung pada jenis unta serta pakan dan minuman unta.

Kandungan lemak yang ada pada susu unta lebih rendah dibandingkan kandungan lemak pada kerbau, yaitu 31,6% berbanding 40,9%.

Lemak pada susu unta menyatu dengan protein, sehingga susah untuk dipisahkan dengan cara biasa seperti yang dilakukan terhadap susu lain. Kandungan asam lemak pada susu unta mengalami proses yang lebih cepat dibanding susu lain.

Susu unta memiliki susunan zat asam lemak yang mudah mengembang, terutama linolenic. Zat asam lemak ini sangat vital untuk gizi manusia, khususnya bagi penderita penyakit jantung. Di samping itu, kadar kolesterol pada susu unta lebih rendah 40% dibandingkan dengan susu sapi. Kandungan protein kasein pada susu unta, secara umum mencapai 70% sehingga ini membuat susu unta mudah dikonsumsi.

Susu unta juga mengandung vitamin C dengan kadar tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi. Bahkan kadar ini akan terus bertambah jika unta diberi pakan rumput yang kaya vitamin C. Kandungan vitamin B1 dan B2 pada susu unta tersedia lebih banyak dibandingkan dengan susu domba. Begitu pula dengan ketersediaan vitamin A dan karoten.

Sumber:
📖 Kemukjizatan Al-Qur’an dan Sunah (ensiklopedia)
👤 DR. Magdy Shehab dkk
🏡 Komunitas Tadabbur Al-Qur'an (KontaQ)
🏡 WAG Dar Al Kayyis
Semoga Bermanfaat
Share:

0 komentar:

Post a Comment

ARCHIEV

VISITORS

free counters

FRIENDS

Blog Archive