Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

TAHUKAH ANDA BAHWA SUSU UNTA MENYIMPAN SEJUMLAH MANFAAT? PART 3


Kandungan Khusus Susu Unta untuk Pencernaan dan Keperluan Medis
Berbagai penelitian yang dilakukan oleh Al-Ajami (1994 dan 2000), Al-Ajami dan rekannya (1992, 1996, 1998), menemukan bahwa susu unta memiliki karakteristik khusus untuk pencernaan. la mengandung zat tinggi yang berguna melawan bakteri mematikan dan berbagai virus.

Di India susu unta digunakan sebagai obat busung air jamur, gangguan limpa, TBC, asma, anemia, dan wasir (Rao et al., 1970). Di samping itu, susu unta juga bagus untuk mengobati penyakit hati yang kronis dan memperbaiki fungsi hati.

Susu unta juga baik dikonsumsi oleh manula, anak muda dan anak kecil. Susu ini penting untuk pembentukan tulang karena memiliki kadar glukosa yang rendah, sehingga susu unta cocok untuk obat penyakit gula.

Yang menakjubkan, susu unta mengandung kadar insulin dan protein yang tinggi, sehingga jika susu ini dikonsumsi, maka ia akan dicerna dari lambung ke darah tanpa pemecahan. Ini berbeda dengan insulin biasa yang membutuhkan proses pemecahan oleh asam.

Proses ini menginspirasi orang untuk membuat insulin yang bisa dikonsumsi manusia lewat mulut. Bahkan, berbagai perusahaan obat saat ini telah mencoba memproduksi. Hasil penelitian modern menemukan bahwa penderita penyakit gula, merasakan manfaat setelah mengonsumsi satu gelas susu unta. Bahkan mampu menurunkan kadar gula darah serta menurunkan kadar insulin mereka.
 

Penemuan Terbaru Terkait Susu Unta
Hasil penelitan terbaru yang dipublikasikan salah satu majalah di Amerika pada bulan Agustus 2005, menemukan bahwa susu unta khususnya unta Arab yang memiliki satu punuk berbeda dengan susu hewan menyusui lainnya.

Ia memiliki kelebihan dari segi kadar gula darah dan zat antibodi yang tersusun dari jaringan kecil dan zat asam amino yang berbentuk huruf V. Para ahli menyebutnya dengan nano antibodies, disingkat nanobodies.

Zat ini hanya ditemukan pada unta Arab. Zat antibodi ini, menambah zat antibodi lain yang terdapat pada manusia dan yang terdapat pada beberapa hewan menyusui yang berbentuk huruf Y.

Ukuran zat antibodi nanobodies ini lebih besar sepuluh kali dibanding zat antibodi yang biasa. Jika dilihat dari sisi jumlah, zat antibodi ini memiliki kecepatan dan kemampuan mengelupas, lebih besar dibandingkan dengan zat antibodi biasa. la lebih mudah menyebar ke seluruh jaringan otot tubuh.

Antibodi jenis ini memiliki tingkat kehangatan yang jauh lebih stabil untuk membuat struktur endogen mengalami perubahan ekstrem saat proses pencernaan dalam lambung dan perut.

Ini berbeda dengan antibodi biasa yang mengalami perubahan tingkat kehangatan oleh enzim-enzim pada saluran pencernaan. Zat antibod ini berguna sekali untuk mengobati penyakit radang pencernaan, kanker usus besar, rematoid, bahkan penyakit alzheimer.

Penelitian terhadap zat antibodi nanobodies ini, telah dilakukan sejak tahun 2001 untuk mengobati tumor pada hewan percobaan dan manusia.

Hasil penelitian itu, membuktikan bahwa zat antibodi nanobodies mampu mengurangi kanker tumor yakni dengan menempelkannya pada dinding otot kanker lalu menekannya.

Beberapa perusahaan teknologi di Inggris dan Amerika, telah berhasil memproduksi obat dalam bentuk pil, yang memiliki kandungan antibodi menyerupai kandungan antibodi pada susu unta.

Obat ini dipergunakan untuk mengobati kanker, berbagai penyakit kronis, radang bakteri, dan prostat. Perusahaan Ablynx menyebarkan zat antibodi nanobodies ini, untuk memberikan 19 fungsi pengobatan pada sebagian besar penyakit berbahaya yang diderita manusia. Penyakit-penyakit yang dimaksud di antaranya kanker, beberapa penyakit radang, penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah.

Saat ini, sekitar 800 ahli teknologi yang fokus pada penelitian kesehatan manusia dan sistem pertumbuhan organ vital serta beberapa universitas, sedang membahas zat antibodi nanobodies, demi menyukseskan proyek masa depan dalam mengobati penyakit kronis.

Meskipun banyak ahli telah melakukan penelitian terhadap zat antibodi ini, namun mereka mengalami kesulitan dalam memproduksi, terutama yang sesuai dengan kadar yang tepat berdasarkan lingkungan dan perekonomian masyarakat.

Sumber:
📖 Kemukjizatan Al-Qur’an dan Sunah (ensiklopedia)
👤 DR. Magdy Shehab dkk
🏡 Komunitas Tadabbur Al-Qur'an (KontaQ)
🏡 WAG Dar al Kayyis

Semoga bermanfaat
Share:

0 komentar:

Post a Comment

ARCHIEV

VISITORS

free counters

FRIENDS

Blog Archive