Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

CARA MENGATUR START UP PADA PC/LAPTOP

Pada postingan saya kali ini ,  saya ingin berbagi tips dalam mempercepat start ip pada PC/laptop. Sebelumnya, tahukah Anda start up itu apa? Ada yang tahu?? Start up itu semacam loading yang memuat aplikasi-aplikasi yang aktif di dalam sistem pc/laptop kita. Jadi, kan ada tuh, kalau laptop pertama kali masuk ke tampilan utama pasti masih loading. Mau buka aplikasi baru masih lama. Nah, itulah aktifitas dari start up.


Lalu, bisakah kita mempercepat proses start up? Jawabannya BISA. Jadi yang kita perlukan adalah meminimalisir aplikasi yang menyala pada sistem dengan tujuan agar proses start up lebih cepat. Bagaimana caranya?? Ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Tekan tombol Windorws+R pada keyboard. Maka secara otomatis akan keluar jendela Run seperti gambar di bawah ini.


2. Jika sudah tampil jendela seperti gambar diatas, dalam kotak pencarian  ketikkan "msconfig" (perhatikan gambar dibawah). Kemudian tekan Enter.



3. Maka selanjutnya Anda akan masuk ke dalam menu dari msconfig. Pada gambar dibawah ini tampak ada 3 radio button, yaitu Normal startup, Diagnostik startup, dan selective startup. Untuk Normal startup itu intinya adalah startup normal yang umum digunakan di semua pc/laptop. Kalau Diagnostic startup ini jarang sekali orang-orang menggunakan. Memang cepat dalam melakukan proses startup, namun banyak sekali aplikasi-aplikasi installan atau bawahan dari sistem yang terhapus. Jadi seperti grafis, suara, dll semua akan mati. Sedangkan yang Selective startup, Anda secara manual bisa mengatur kebutuhan aplikasi untuk startup. Sebenarnya untuk yang 2 teratas bisa Anda lakukan pengaturan sendiri, namun defaultnya sudah diatur diawal.

4. Sebagai contoh, Anda pilih saja normal startup. Nah, jika sudah muncul jendela seperti gambar dibawah ini, disitu kan ada tanda centang-centang. Klik tanda centang untuk aplikasi yag ingin Andan non-aktifkan. Catatan: Jangan mematikan aplikasi bawahan dari sistem windowsnya, semacam intel(R), dkk. Cukup non-aktifkan aplikasi yang Anda install sendiri (IDM, Quick time, McAfee, dkk).
















SELAMAT MENCOBA!!!
Share:

0 komentar:

Post a Comment

ARCHIEV

VISITORS

free counters

FRIENDS

Blog Archive