Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

CHAMPIONS LEAGUE 2013: "VICTORY GERMANY"

Banyak kalangan membicarakan kalau angka 13 merupakan angka sial. Namun, pandangan seperti itu tidak mempan bagi sepak bola Jerman. Di tahun 2013 ini klub sepak bola Jerman menorehkan prestasi gemilang di ajang antar klub eropa. Duo raksasa Jerman, Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund berhasil mengalahkan lawan-lawannya untuk mendapatkan satu tiket ke partai puncak.

Kepastian itu mereka dapatkan setelah Kamis (2/5) berhasil mengalahkan duo goliath negeri matador
, Barcelona dan Real Madrid. Borussia Dortmund yang melangkah lebih dahulu ketimbang Bayern, berhasil menggagalkan misi balas dendam pasukan El Real meskipun takluk 0-2 di Santiago Bernabeu. Mereka berhasil lolos dengan agregate 4-3. Seperti kerja keras keras yang tidak dibayar bagi pasukan Jose Mourinho.

Pada partai final lainnnya antara Muenchen dengan Barcelona juga demikian. Blaugrana gagal menuntaskan ambisinya untuk melumat Muenchen di Cam Nou. Alih-alih ingin membalikkan fakta kekalahan 4-0 di Allianz Arena di leg I, Tim Catalan malah dipermalukan Tim Bavaria dengan skor memalukan 0-3. Sekaligus menambah agregat 7-0 bagi Bayern Muenchen. Seperti yang diutarakan banyak orang, dua partai antara Bayern Muenchen dan Barcelona bagaikan mimpi. Sangat mustahil mengalahkan Barcelona dengan margin skor sebesar itu tanpa kebobolan satu gol pun dalam dua laga.

Final sudah menematkan dua raksasa Jerman, Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund. Kilas balik mengenai dua tim raksasa tersebut memang patut untuk disimak. Borussia Dortmund sendiri di liga champions baru sekarang bisa melangkah ke partai final dalam sepuluh tahun terakhir. Terakhir mereka merengkuh "Big Ear" (sebutan trophi liga champions) adalah tahun 1995. Tepat 18 tahun sejak euforia itu, mereka ingin mengulang memori indah tersebut di Wembley Stadium.

Di sisi lain, Bayern Muenchen sudah siap dengan tantangan dari Borussia Dortmund. Melihat rekor pertandingan keduanya, klub sepak bola berjuluk Tim Hollywood itu memang layak dikedepankan sebagai pemenang dalam pertandinga final tahun. Apalagi dua kemengan telak antara Barcelona membuat mereka semakin percaya diri. Ingat, dalam tiga tahun terakhir di ajang liga champions, tim yang berhasil mengalahkan Barcelona sebelum partai final berhasil membawa pulang trophi liga champions. Musim 2009-2010, Internazionale Milan berhasil mengalahkan Bayern Muenchen setelah sebelumnya berhasil menyingkirkan Barcelona dengan agregat 3-2. Kemudian Chelsea yang berhasil mengalahkan Barcelona di semifinal dengan agregat 2-2 setelah unggul gol tandang.

Bagaimanapun juga, laga ini juga akan berpengaruh pada atmosfer sepak bola Jerman. Jika di kompetisi antara negara Jerman selalu dipermalukan beberapa tahun terakhir, kini mereka bisa membalas di kompetisi antar klub. Bayern Muenchen atau Borussia Dortmund, yang pasti pemenangnya akan menjadi raja eropa dan Jerman 2013.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

ARCHIEV

VISITORS

free counters

FRIENDS

Blog Archive