Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

MASJID KUBAH EMAS YANG INDAH DAN AGUNG

ladangbelajar-Beberapa hari lalu saya sempatkan untuk berkunjung ke salah satu tempat wisata di Kota Depok. Dari gambar disamping teman2 pasti sudah banyak yang tahu. Ya, tepat sekali, Masjid Kubah Emas. Masjid indah dengan nama asli Masjid Dian al Mahari ini beralamat di Jl. Meruyung, Limo, Depok. 

Masjid ini mulai dibangun pada tahun 1999 dan di resmikan pada tanggal 31 Desember 2006. Masjid dengan 5 kubah (rukun islam) berlapis emas itu memiliki luas bangunan sekitar 8000m dan luas seluruh kawasan mencapai 70 hektare. Selain itu berdiri pula 6 menara (rukun iman) yang menambah kemegahan dari masjid ini. 

Kabar dari orang sana, waktu itu saya pulang naik taksi online. Eh bapaknya tau sejarah berdiri nya masjid tersebut. Singkat cerita, Bapak tsb menyebutkan Ibu Hajah, mungkin Hj Dian, pendiri Masjid, yang belai maksud. Jadi dulu Ibu Haji bekerja di kerajaan saudi sebagai tukang pijat kerajaan. Ada istri raja sedang sakit tak sembuh2. Hingga akhirnya dipijatlah oleh Ibu Haji. Eh atas izin Allah SWT penyakit itu sembuh. Maka Ibu Haji diberilah hadiah sebelum pulang ke Indonesia. Yakni beliau ingin membangun masjid dan jadilah Masjid Kubah Emas ini. Hehehe

Jadi teman2 ketika melewati gerbang utama, akan disambut dengan taman2 yang hijau dan luas. Tapi dilarang untuk melintas di dalam taman. Makannya tamannya selain dihiasi rumput, ada pula rambutan, jambu air, cempedak, dll. Intinya buah/tanaman khas depok lah. 

Kira-kira 300-500 m kita harus berjalan dari gerbang utama untuk sampai di masjid. Tapi tenang saja, tidak akan melelahkan atau bosan karena kiri kanan adalah taman. Dan memang benar2 dirawat. Ada beberapa ibu2 yang dengan rajin membersihkan taman.





 Gambar2 diatas adalah desain interior masjid. Di dalamnya cukup luas untuk menampung ribuan jamaah. di tengah2 teradapat lampu gantung yang cerintanya Ibu Hj Dian ini sampai keliling luar negeri untuk mendapatkan lampu dan tali penggantungnya. Lampu2 itu berasal dari Austria, tali gantung berasal dari Italia dan di desain oleh Ibu Hj Dian sendiri.



Saat pergi ke sana, jangan khawatir untuk tidak dapat mencari tempat istirahat karena dilarang duduk/jalan di taman. Masjid Kubah Emas tersedia pula aula khusus untuk pengunjung. Aulanya luas dan bersih. Tapi saya sarankan untuk membawa alas. Agak ragukan khawatir habis duduk2 pakaian yang sama dipakai untuk shalat. Khawatir kotor, najis, dll yang tidak kita tahu. Aula tidak jauh dari masjid.



Seperti yang saya bilang di awal, sekitar masjid banyak dihiasi oleh pohon dan bunga. Salah satu bunga yang banyak di sini adalah Eporbia. Bunga yang identik dengan durinya dan sempat booming beberapa tahun silam ini bisa kita temui di pinggir jalan dekat masjid. 

Jadi masih banyak spot untuk berfoto, selfie, dll. Dibelakang masjid juga tersedia kantin, jual suvenir, dan jual busana muslim.

Teman2 kalau berkunjung kesini disarankan selain hari libur untuk menghindari keramaian. Berkunjung di pagi hari juga sangat dianjurkan untuk menghindari kemacetan serta bisa menikmati keindahan taman sebelum matahari terik. Tapi alhamdulillah kalau lagi mendung Hehehe.

Jangan lupa pula untuk menyempatkan shalat teman2. Shalat dhuha, Tahiyatal masjid, Dhuhur, Ashar, dll. Ya menyesuaikan waktu teman2 ke sana lah.

Tempat parkir dan mobil juga luas dan aksesnya mudah.

Sumber:
https://news.detik.com/berita/d-3788625/melihat-indahnya-masjid-kubah-emas-di-depok
Share:

0 komentar:

Post a Comment

VISITORS

free counters

FRIENDS