Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

PENGALAMAN MENJADI ASISTEN PRAKTIKUM

Alhamdulillah, selesai juga menjadi asisten praktikum selama satu semester ini. Hmmmm asam manis menjadi asisten praktikum ya banyak sekali. Menjadi seorang asisten praktikum, mau tidak mau harus belajar kembali. Belajar mengulang kembali materi semester lalu untuk diajarkan kepada praktikan. Ya pasti malu lah misalkan menjelaskan di depan praktikan kita tidak menguasai materinya.
Intinya, kita harus menguasai materi. Jika satu hal ini sudah kita miliki, pasti kita merasa tenang dan nyaman dalam menerangkan. Pengalaman belum menguasai materi sudah pernah saya alami. Ya hasilnya tidak memuaskan. Praktikan kebingungan dengan apa yang keluar dari mulut kita. Kalau sudah demikian kan kasihan praktikannya. Bukannya mendapat ilmu, tetapi malah pulang dengan kebingungan.

Selain itu, menjadi asisten praktikum, kita sekaligus belajar dan mengajar. Ilmu kita semakin banyak dan menjadi tidak mudah lupa dalam mengingat materi. Kemudian kita juga memiliki hak untuk menilai praktikan selama mengikuti kegiatan praktikum. Hmmmm senang pokoknya, penuh dengan tantangan dan kesenangan.

Semester berikutnya, saya berharap bisa lebih baik lagi, lebih siap lagi dari pada yang kemarin. Hmmmm Aamiiin...
Share:

0 komentar:

Post a Comment

ARCHIEV

VISITORS

free counters

FRIENDS

Blog Archive