Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

LUPA PASSWORD LAPTOP? RESET AJA

ladangbelajar-Assalaamu'alaikum teman2 sekalian, setelah sepekan gak nulis akhrinya dapat konten juga buat dibagikan.

Jadi kisahnya begini, ada teman minta tolong, lupa password laptopnya. Hmmm setelah saya periksa, waaa tipe baru, Lenovo IdeaPad Yoga. Lebih repot lagi ternya keybordnya bermasalah. Oke lah sabaar sabar. 

Akhirnya saya coba buka2 tutor di internet, mulai dari metode Safe Mode hingga mentok metode install ulang juga tidak bisa. Perkaranya, ketika masuk mode safe mode, menu untuk safe mode itu seperti ditiadakan, jadi security nya memang top dah nih laptop. 

Lenovo kan pakai tombol "Novo" ya, buat masuk BIOS dll, jadi g bisa tekan F12, Del, dll buat masuk BIOS nya. Dan saya cari2 juga kagak ketemu di sekitar laptop nya. Ada memang tutor yang mirip dengan kasus ini. Yakni pakai jarum yang ditusukkan ke lubang kecil di samping bodi laptop. Tetap juga tidak berhasil.

Mau saya install ulang pun dicolokin FD bootable juga kagak masuk. Masuk safe mode via CMD malah ditanya password. Lha dari awal aja udah kagak tau wakwakwak...

Dan akhirnya, alhamdulillah kesabaran berbuah hasil manis. Ternyata sistem nih laptop sama kayak smartphone. Bisa via Reset untuk mengembalikan pengaturan laptop seperti sediakala (dari Pabrik).

Oke, berikut caranya:
Gambar di atas muncul ketika kita mau log in kan, nah di tombol Power, sambil tahan Shift, klik Restart.
Tetap tahan sampai keluar tampilan selanjutnya.
 




Kalau laptop kalian keybordnya error, pakai aja On-Screen-Keyboard.
Tampilan di kiri ini muncul setelah restart usai. Sekarang lepas tombol Shiftnya. 
Selanjutnya pilih menu Troubleshoot.



Kemudian tampil dua menu lagi. Pilih yang Reset this PC.

Selanjutnya pilih Keep my files. 
Jadi data kita aman, kecuali yang di C ya.
Kalau pilihan yang Remove everything akan mengahapus semua data baik di C, D, dll. Jadi penting untuk menyimpan file sebaiknya jangan di C. Kalau file biasa mah gak papa.




Setelah proses di atas selesai, laptop akan restart dan memulai proses Reset. Nanti akan muncul tampilan setting awal windows. Seperti pilih warna tema, username, password, dll.

Sekian, semoga bermanfaat.
Tks

Sumber:
Share:

0 komentar:

Post a Comment

VISITORS

free counters

FRIENDS