Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

Dr. Zakir Naik: “Kesalahan Umum yang Dilakukan Umat Muslilm Di Bulan Ramadhan Ada 4 Kategori”

Assalaamualaikum wr.wb.
Alhamdulillah hingga hari ke 10 bulan ramadhan ini kita masih tetap semangat dalam melaksanakan puasa. Para pembaca yang dirahmati Allah, kali ini saya akan berbagi artikel terkait bulan ramadhan. Nah, saya sengaja mencuplik dari interview antara Dr. Zakir Naik dengan pewawancara di sebuah program televisi swasta. Lebih jelasnya berikut rangkuman interviewnya:


KATEGORI 1
Kesalahan umum yang dilakukan oleh umat muslim terkait peraturan wajib berpuasa:
  1. Tidak melakukan niat
  2. Setelah adzan subuh dimulai masih terus makan, dan mereka berpikir bahwa akhir waktu dari sahur        adalah hanya pada akhir adzan subuh. faktanya disaat adzan subuh dimulai (saat awal subuh dimulai), waktu sahur berakhir
  3. Banyak orang muslim menunda pembayaran zakat fitrah dan membayar setelah shalat idul fitri. Jika kita membayar zakat fitrah setelah shalt idul fitri, maka itu seperti sedekah biasa. dan tidak termasuk ke dalam zakat fitrah

KATEGORI 2
Kesalahan umum yang dilakukan oleh umat muslim yang bertentangan dengan sunnah puasa:
  1. Melewatkan sahur
  2. Sebagian muslim sahur terlalu cepat, yaitu mereka sahur satu atau dua jam sebelum waktu fajar (subuh). faktanya sahur adalah berkah, setiap muslim harus melakukannya. dan Rasulullah SAW bersabda, “kita harus menunda sahur selambat mungkin. Kita melakukannya hanya sebelum waktu fajar”
  3. Mereka menunda/mengundur untuk berbuka puasa. Rasulullah SAW bersabda, “orang-orang akan berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka puasa”. Itu berarti segerakanlah berbuka puasa setelah terbenamnya matahari.
  4. Banyak umat muslim, mereka membaca do’a yang tidak autentik selama berbuka. Doa yang paling autententik berkenaan dengan berbuka puasa adalad 

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ
(Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki](Hadits shahih, Riwayat Abu Daud [2/306, no. 2357])

  1. Ketika membaca doa tersebut, beberapa muslim mengucapkan sebelum berbuka. Sebelum mereka memasukkan ke mulut, mereka mengucapkannya dan ini bertentangan dengan makna doa itu. Maknanya mengatakan, “telah hilanglah dahagaku, telah basahlah kerongkonganku”. Jadi hausmu tidak bisa hilang sebelum berbuka puasa. Jadi secara normal itu harus diucapkan setelah kamu makan dan minum dan kamu merasa cukup. Mungkin setelah beberapa menit setelah kamiu berbuka kemudian kamu bisa mengucapkan doa ini.
  2. Selanjutnya, banyak muslim makan berlebihan selama berbuka dan banyak dari mereka bahkan makan sepanjang malam.
  3. Melalikan shalat tarawih. Karena berpikiran tarawih bukanlah fardhu sehingga merasa tidak masalah jika meninggalkan tarawih. Meski tarawih bukan fardhu, itu adalah sunnah yang sangat penting. Muslim yang meninggalkan tarawih akan kehilangan pahala yang besar.
  4. Banyak muslim yang melakukan tarawih, mereka melakukan bacaan dengan sangat cepat. Mereka mencoba menyelesaikan dalam waktu singkat. Dan mereka mengabaikan tujuannya. Sebenarnya, kamu harus membacanya pada kecepatan yang sedang sehingga orang mengerti dan memahami wahyu Allah SWT.
  5. Melakuka I’tikaf di masjif banyak melalukan sosialisasi dengan sesama. Seakan-akan itu adalah waktu untuk bertemu orang-orang dan teman-teman. Ini benar-benar bertentangan dengan sunnah.  
  6. Beranggapan bahwa lailatul qadar adalahmalam ke 27 bulan ramadhan. Dan mereka hanya beribadah kepada Allah SWT pada malam itu saja. Sebenarnya Rasulullah SAW bersabda, “carilah lailatul qadar dimalam ganjil pada 10 hari terakhir”.
  7. Menghabiskan waktu mereka selama ramadhan dengan pekerjaan yang tidak produktif dari pada menghabiskan waktu untuk berdzikir dan beribadah kepada Allah SWT. Mereka harus menghabiskan waktu mereka selain melaukan shalat wajib, mereka juga harus melakukan shalat-shalat sunnah.
  8. Lupa untuk berdoa
  9. Lupa untuk meminya ampunan di bulan penuh pengampunan ini.
  10. Jarang membaca AL-Qur’an
  11. Mereka berpuasa dan menahan dirinya dari lapar, tetapi mereka tidak menyiapkan mentalanya untuk berpuasa. Dan seolah-olah mereka hanya kelaparan. Padahal tujuan utama dari berpuasa adalah untuk memperoleh ketaqwaan. Namun mereka tidak memperolehnya.  

KATEGORI 3
Mengabaikan tugas wajib dalam islam dan terlibat dalam tindakan2 yang dilarang
  1. Banyak muslim tetap terjaga semalam penuh. Mereka sahur lebih awal dan orang-orang ini tidak melakukan shalat shubuh.
  2. Karena terjaga semalam penuh, mereka tidur sepanjang hari dan bahkan meninggalkan shalat dhuhur dan ashar, yang mana itu merupakan dosa besar. Mereka mencoba untuk mendapatkan berkah, namun meninggalkan tugas wajib yang benar-benar dilarang.
  3. Tidak mengeluarkan zakat yaitu pada mereka yang seharusnya mengeluarkan zakat. Zakat merupakan pilar penting dalam islam. Dimana setiap muslim yang mempunyai simapanan/harta yang mencapai batas nisab yaitu senilai 85gr, mereka harus mengeluarkan zakat sebesar 2.5% dari simpanan.
  4. Sebagaian muslim memberikan zakat, namun tidak menghitung dengan benar.
  5. Melakukan buruk sangka dan bergunjing. Berburuk sangka merupakan dosa besar. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Hujurat [49] : 12, “orang-orang yang berburuk sangka, mereka adalah orang-orang yang memakan daging saudaranya yang sudah mati”.
  6. Mengatakan kebohongan selama ramadhan.
  7. Menggunakan bahasa yang kasar, dimana ini bertentangan dengan semangat islam dan ramadhan.
  8. Menggunakan bahasa yang vulgar.
  9. Melibatkan diri dalam bergosip.
  10. Terlibat dalam tindakan-tindakan yang keliru.
  11. Mengahabiskan waktu, mendengarkan music dan lagu non islami dimana dialarang total dalam islam.
  12. Menghabiskan waktu mereka untuk menonton program tv non islam.
  13. Membaca majalah, buku, dll yang non islam.
  14. Melihat situs2 non islam di internet, dimana ini lagi-lagi dilarang
  15. Melakukan pemborosan.
  16. Menyisakan banyak makanan.

KATEGORI 4
Kesalahan umum lainnya yang dilakukan oleh muslim di bulan ramadhan:

  1. Banyak muslim tetap terjaga semalam penuh dan mereka tidur di siang hari.
  2. Malas dan tidak aktif pada siang hari dimana ini bertentangan dengan semangat berpuasa.
  3. Banyak menghabiskan waktu dengan hiburan/bermain-main.
  4. Bermewah-mewah ketika berbuka serta menghabiskan banyak uang dan pamer.
  5. Muslim meminta kaum perempuan mempersiapkan berbagai hidangan berbuka dan sahur yang mengakibatkan perempuan dalam keluarga menghabiskan sebagagian besar di dapur. Sebenarnya keluarga harus menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengingat Allah SWT.
  6. Banyak muslim merenovasi rumah mereka dan kedai mereka di bulan ramadhan.
  7. Menghabiskan malam bukannya mengingat Allah SWT melainkan melakukan kegiatan yang non-produktif.
  8. Menghabiskan waktu yang berlebihan dalam bergaul setelah tarawih.
  9. Menghabiskan sebagian besar malam untuk berblanja.
  10. Menghabiskan malam hari untuk makan.
  11. Menghabiskan malam untuk berdandan dan berkeliaran di malam hari.
  12. Di 10 hari terakhir adalah hari dimana umat muslim harus melakukan lebih banyak ibadah.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

ARCHIEV

VISITORS

free counters

FRIENDS

Blog Archive