Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

MENGINSTALL FREE PASCAL DI UBUNTU


Bagi Anda yang suka pemrograman, bahasa pemrograman Pascal pastinyas sudah tidak asing lagi. Bahasa Pascal merupakan salah satu bahasa perograman yang populer yang banyak digunakan para programmer atau mahasiswa untuk belajar dasar pemrograman.

Jika bicara bahasa pascal, pasti aplikasi yang digunakan lebih condong ke Turbo
Pascal fo Windows, maklum, saya sendiri juga menggunakannya. Hehehehe. Setelah itu, saya pribadi berani menebak, kalau OS yang Anda gunakan pasti "JENDELA". Ups, maksudnya??? Ya, Jedela kalau di ubah ke bahasa inggris menjadi WINDOWS, Heheheheh.

Kenapa tidak ingin menggunakan OS yang lain aja. Linux misalkan, saya sudah menerapakan penggunaan bahasa pascal di dalam OS Linux. Namun, tidak menggunakan Turbo Pascal, melainkan menggunakan Free Pascal. Cara Installnya? Tenaang, saya punya solusinya kok. Nih saya kasih tau,
1. Buka terminal Linux terlebih dahulu. Disini saya menggunakan Distro     
   LInux UBUNTU.
2. Setelah terminal terbuka, ketikkan kode ini 
   'sudo apt-get install fp-compiler fp-ide'
3. Setelah kode diatas Anda ketikkan, maka Anda akan diminta memasukkan 
   password root. Masukkan  saja, kemudian tekan ENTER.
4. Berikutnya adalah proses menunggu install free pascalnya.
5. Setelah terinstall, langkah selanjutnya yaitu tahap pengujian aplikasi. 
   Keikkan perintah 'fp', kemudian tekan ENTER, secara otomatis free  
   pascal aka terbuka di dalam terminal.

   SELAMAT MENCOBA!!!
Share:

0 komentar:

Post a Comment

ARCHIEV

VISITORS

free counters

FRIENDS

Blog Archive