Tulis aja dulu, siapa tahu orang lain butuh :-)

TAHUKAH ANDA BAHWA SUSU UNTA MENYIMPAN SEJUMLAH MANFAAT? PART 2

Bangsa Arab tradisional, menggunakan susu unta untuk mengobati berbagai penyakit seperti cacar, luka, sakit gigi, gangguan pencernaan dan keracunan.
 
Menurut mereka, susu unta yang paling bagus untuk dijadikan obat adalah susu yang keluar setelah empat puluh hari melahirkan.
 
Adapun susu unta yang paling baik adalah yang berwarna putih pekat, baunya harum, rasanya lezat yakni memiliki rasa manis yang sedang, lemak seimbang, tidak terlalu kental dan diperah dari unta sehat yang berbadan sedang yang diberi pakan dan minuman secara baik dan teratur. 

Orang Arab menjadikan susu unta sebagai obat karena susu unta yang baik menumbuhkan darah yang baik, menyuburkan tubuh yang kurus memberikan efek tenang, menghilangkan rasa waswas, ragu, dan penyakit risau.
 
Jika susu unta diminum dengan madu maka bisa membersihkan kotoran perut yang bercampur dengan ampas. 

Jika susu unta dicampur dengan gula, maka bisa memperindah warna kulit, menyembuhkan penyakit sesak, paru-paru, dan TBC.
 
Susu perahnya bisa memperhalus kulit, memperlancar pencernaan dan membuka pori-pori yang tertutup serta bagus untuk menghilangkan dahaga.
 
Al-Razi berkomentar tentang susu unta bahwa ”susu unta menyembuhkan penyakit jantung dan kerusakan anggota badan”.
 
Ibnu Sina dalam Al-Qanun fi Al-Thibb (The Canon of Medicine) berkomentar sebagai berikut: "Susu unta merupakan obat yang berguna karena mengandung zat khusus. Orang yang mengonsumsi susu ini, baik sebagai minuman atau makanan akan senantiasa sehat. Sebagaimana pengakuan orang-orang yang pernah datang ke negeri Arab, meskipun awalnya terpaksa meminum susu unta, akhirnya mereka merasakan lebih bugar."Pasien yang menjadikan susu unta sebagai obat, dianjurkan untuk mengonsumsinya di pagi hari tanpa dicampur apa pun. Setelah minum, ia harus beristirahat total.

Susu unta yang segar dan hangat, sangat baik untuk membersihkan saluran pencernaan. la merupakan obat paling mujarab untuk memperlancar pencernaan. Menurut orang pedalaman, susu unta bisa menyembuhkan penyakit dalam, apa pun jenis penyakitnya.

Peneliti modern telah melakukan riset tentang manfaat susu unta. Kesimpulannya, ia tidak hanya memberikan kekuatan, tetapi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Bani Israel dan Susu Unta

 Prof Riufin Yigael bekerja di Universitas Ben Gorbon, tinggal di Sumur Tujuh bersama dengan sekelompok dokter pernah meneliti kelebihan susu unta. Kesimpulannya, kandungan gizi pada susu unta, hampir sama dengan ASI dan lebih banyak dibandingkan susu sapi.

Susu unta tidak banyak mengandung leukosit, gula, dan lemak. Susu unta lebih banyak mengandung vitamin C, kalsium dan zink, kandungan ini cocok untuk bayi yang tidak menyusu pada ibunya.

Tidak hanya itu, susu unta kaya akan protein dan zat imun, sangat cocok untuk orang yang saluran pencernaannya tidak lancar.

Terkait manfaat susu unta untuk pengobatan, Prof. Yigael dan timnya berpendapat sebagai berikut:
"Susu ini mengandung unsur-unsur yang dapat membunuh kuman, cocok bagi mereka yang sedang melakukan proses penyembuhan luka dan sangat membantu bagi mereka yang menderita gangguan lambung atau perut. Susu unta juga cocok bagi mereka yang menderita penyakit asma atau untuk meringankan penyakit lambung seperti rasa mual. Susu unta juga dianjurkan bagi mereka yang menderita penyakit gula dan gangguan pencernaan."

Prof. Yigael menganjurkan, mereka yang menderita semua penyakit di atas, untuk meminum susu unta sebanyak dua gelas dalam satu hari dan ditambah sesuai kebutuhan.

Meski demikian, menurut Prof. Yigael, susu unta tetap bukan obat. la meminta masyarakat menunggu hasil riset Departemen Kesehatan Israel yang meneliti susu unta untuk dijadikan sumber gizi (makanan). Sekarang ini, ia dan rekan satu timnya baru melakukan penelitian dan mengumpulkan informasi tentang susu ini. Untuk mendapatkan susu unta, merekatelah membuka ladang penggembalaan unta dan padang rumput.

Sumber:
📖 Kemukjizatan Al-Qur’an dan Sunah (ensiklopedia)
👤 DR. Magdy Shehab dkk
🏡 Komunitas Tadabbur Al-Qur'an (KontaQ)

🏡
WAG DAR Al Kayyis
Semoga Bermanfaat
Share:

0 komentar:

Post a Comment

ARCHIEV

VISITORS

free counters

FRIENDS

Blog Archive